Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMKN 1 Entikong Kaget Menteri Nadiem Bermalam di Asrama Sekolah

Kompas.com - 26/10/2022, 12:41 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim bermalam di asrama sekolah terdekat dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, yakni SMKN 1 Entikong, Kalimantan Barat.

Saat bermalam, para siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan (PTK) yang tinggal di asrama SMKN 1 Entikong tidak menyangka sekolahnya disinggahi Menteri Nadiem.

Baca juga: 2 Sekolah Kedinasan Tidak Gunakan Syarat Tinggi Badan, Ini Dia

Kepala Sekolah SMKN 1 Entikong, Adi Ahmadi mengaku, dirinya berbahagia dan tidak menyangka kedatangan orang nomor satu di Kemendikbud Ristek.

"Kita bahagia, sekolah yang hanya 2 kilometer (km) dari batas negara Indonesia dan Malaysia didatangi Mas Menteri Nadiem," ungkap Adi di SMKN 1 Entikong, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (25/10/2022) malam.

Setibanya di sana, Nadiem langsung berdialog dengan para murid dan PTK.

"Alhamdulillah saya bisa berada di sekolah perbatasan ini untuk mendengarkan aspirasi adik-adik, serta ibu dan bapak yang saya banggakan," ucap dia.

"Saya tau sekolah ini ada tiga guru mengikuti Program Guru Penggerak dan berani menerapkan Kurikulum Merdeka. Luar biasa semangat transformasinya," tambah Nadiem.

Tujuan dari kehadiran Menteri Nadiem di sekolah daerah terdepan ini adalah untuk menangkap aspirasi warga sekolah di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T).

Lalu untuk memastikan manfaat kebijakan dan program Merdeka Belajar dirasakan seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Rekrutmen PPPK Guru Akan Rampung pada 2023

Guru Jurusan Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMKN 1 Entikong, Dedi menyambut semangat kedatangan menteri termuda Kabinet Indonesia Maju ini.

"Kedatangan Mas Menteri yang santai ini bagaikan durian runtuh bagi kami di daerah perbatasan. Dari awal saya mendengar Merdeka Belajar, rasanya senang sekali," jelas Dedi.

Nadiem sampaikan Merdeka Belajar ke SMKN 1 Entikong

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim saat foto bersama dengan Kepala Sekolah, guru, tenaga kependidikan di SMKN 1 Entikong, pada Rabu (26/10/2022).DOK. KOMPAS.com/DIAN IHSAN Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim saat foto bersama dengan Kepala Sekolah, guru, tenaga kependidikan di SMKN 1 Entikong, pada Rabu (26/10/2022).

Dedi kemudian bertanya ke Nadiem terkait apa itu Merdeka Belajar.

Pertanyaan Dedi langsung ditanggapi Nadiem. Dia menyebut, secara singkat dan umum Merdeka Belajar memberikan kepercayaan kembali kepada kepala sekolah, guru, dan peserta didik.

Baca juga: Kemendikbud Ungkap Hal Ini Jadi Kendala Penentuan Formasi PPPK Guru

Artinya, sekolah diberikan otonomi sendiri. Kemudian, guru diberikan kebebasan untuk fokus mengajar dan mulai terlepas dari beban kerja administratif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com