Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untar Dukung Agenda G20, Lakukan MoU dengan Sejumlah Pihak

Kompas.com - 17/10/2022, 19:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar wisuda ke-80 di Jakarta Convention Center, Sabtu (16/10/2022) lalu.

Dalam wisuda Untar kali ini, diikuti 1.534 lulusan dari program Sarjana, Magister, Doktor, dan Profesi.

Pada wisuda ke-80 ini mengambil tema "Untar untuk Indonesia: Meningkatkan Kinerja UMKM dan Pariwisata untuk Indonesia Bangkit".

Dalam wisuda ke-80 Untar turut diadakan penandatanganan MoU Untar dengan provinsi Bali. Kerja sama Untar dengan provinsi Bali ini sebagai bentuk formal kerjasama pembangunan daerah.

Baca juga: Profil UIN Ar Raniry: Jurusan, Jalur Masuk dan Biaya Kuliah

Untar lakukan MoU dengan sejumlah pihak

Wujud kolaborasi antara Untar dan pemerintah daerah Bali ini juga menyukseskan komitmen negara-negara G20 yang bersepakat diantaranya dalam bidang pendidikan berkualitas bagi semua.

Selain itu, Untar juga menandatangani MoU dilakukan pula dengan SMA Methodist Jakarta, SMA Mardi Yuana Depok, Hotel Ciputra Jakarta, PT Win Termal Solusindo, PT Superintending Company of Indonesia (SUCOFINDO), Universitas Mercu Buana, PT Sarana Dinamika Jaya (Media Group Network), dan Radio Republik Indonesia Jakarta.

Untar terus konsisten menciptakan lulusan unggul dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia profesional sejak dini melalui program magang, mengajar di sekolah dan lainnya. Hal ini menjadi bagian dari implementasi MBKM yang terus ditanamkan pada mahasiswa.

"Salah satu wujud dari Untar untuk Indonesia adalah kami juga membangun kolaborasi dengan berbagai institusi baik pemda, dunia pendidikan dan bisnis," ucap Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/10/2022).

Dia menambahkan, hal ini dilaksanakan agar mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan memfasilitasi kegiatan MBKM di Untar.

Kepala Lembaga Layanan Dikti (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, Dr. Paristiyanti Nurwardani mengatakan, pihaknya menyakini dalam 5 tahun ke depan, Universitas Tarumanagara (Untar) akan menjadi universitas terkemuka di Asia Tenggara dan dunia.

Baca juga: Cek 20 Universitas Terbaik di Korea Selatan Versi THE WUR 2023

Dia juga mengapreasi berbagai prestasi dan kontribusi Untar dalam menghasilkan SDM unggul Indonesia.

Dalam wisuda Untar juga menghadirkan Gubernur Bali Dr. Wayan Koster yang menyampaikan orasi wisuda. Gubernur Bali Dr. Wayan Koster menyampaikan perihal program pembangunan di provinsi Bali.

Menurut dia, era baru diwujudkan dengan menata secara fundamental dan komprehensif pembangunan Bali yang mencakup tiga aspek utama yaitu alam Bali, manusia/krama Bali dan kebudayaan Bali.

"Pandemi Covid-19 menyebabkan pariwisata dan perekonomian Bali sangat terpuruk," beber Wayan Koster.

Baca juga: Beasiswa Mahaghora bagi SMA/SMK Dibuka, Kuliah S1/D4 Gratis

Sehingga provinsi Bali, belajar dari peristiwa dan pengalaman tersebut. Pemerintah Provinsi Bali berani melakukan transformasi perekonomian dengan menerapkan arah kebijakan, prinsip, dan pendekatan baru, agar tidak bergantung pada dominasi satu kantung sektor pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com