Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Jurusan Kuliah Cocok bagi Anak SMK dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 17/10/2022, 08:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa SMK yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, jangan khawatir karena banyak jurusan kuliah yang relevan dengan pendidikanmu.

Siswa SMK biasanya dibekali lebih banyak praktik semasa sekolah. Saat memilih jurusan kuliah, ada banyak yang linier dengan jurusan saat di SMK.

Meski anak SMK didorong bisa langsung diserap dunia kerja setelah lulus, namun dengan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, akan memberikan jenjang karier yang lebih bagus.

Melansir dari laman perusahaan penyedia lowongan kerja dan magang, Prosple Indonesia, Minggu (16/10/2022), berikut jurusan kuliah yang cocok bagi anak SMK.

Baca juga: Beasiswa Mahaghora bagi SMA/SMK Dibuka, Kuliah S1/D4 Gratis

Jurusan kuliah untuk anak SMK

1. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari mengenai konsep komunikasi dan ungkapan yang bersifat kreatif dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk mendukung menyampaikan pesan tertentu.

Prospek kerja Jurusan DKV antara lain web designer, graphic designer, illustrator, creative director, freelance designer, mobile designer, animator, dan pekerjaan di bidang industri kreatif lainnya.

2. Jurusan Multimedia

Jurusan kuliah yang cocok bagi anak SMK berikutnya adalah Jurusan Multimedia. Memilih Jurusan multimedia memerlukan skill. Namun bagi siswa SMK Multimedia, tidak akan mengalami kesulitan berarti.

Jika kamu memilih jurusan multimedia, siswa bisa memiliki peluang bekerja di bidang industri kreatif seperti menjadi fotografer, animator, graphic designer, illustrator, video editor, bahkan menjadi youtuber.

3. Jurusan Broadcasting

Jurusan broadcasting atau penyiaran merupakan sebuah jurusan yang akan mempelajari berbagai teori dan praktik dalam menciptakan program siaran melalui berbagai macam media massa.

Berbekal keterampilan yang diperoleh saat SMK dan memilih kuliah jurusan broadcasting, setelah lulus kamu bisa menjadi seorang penyiar, jurnalis, produser, maupun sutradara.

Baca juga: Cek 20 Universitas Terbaik di Korea Selatan Versi THE WUR 2023

4. Jurusan Farmasi

Di  jenjang SMK juga tersedia Jurusan Farmasi. Bagi siswa SMK yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai dunai farmasi, bisa memilih jurusan yang sama di jenjang perguruan tinggi.

Lulusan farmasi belum bisa langsung menjadi seorang Apoteker. Setelah lulus dari jurusan farmasi, mahasiswa bisa langsung kerja menjadi seorang pegawai pemerintahan, konsultan kesehatan, peneliti, tenaga pengajar, quality controller, dan lain sebagainya.

5. Jurusan Analisis Kimia

Sejumlah SMK menawarkan Jurusan Analis Kimia sehingga kamu bisa melanjutkan ke jenjang S1 dan masuk ke jurusan yang sama.

Lulusan Jurusan Analisis Kimia punya peluang berkarier sebagai analis laboratorium, peneliti, tenaga pendidik, pengusaha dalam bidang industri kimia, konsultan analisis pangan, dan masih banyak lagi.

6. Jurusan Tata Boga

Bagi yang suka memasak, jurusan Tata Boga ini sangat cocok. Di jenjang SMK banyak yang menyediakan Jurusan Tata Boga. Agar keterampilanmu makin mumpuni, Jurusan S1 Tata Boga juga sangat cocok bagi anak SMK Tata Boga.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com