Kompas.com - 07/10/2022, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka internasionalisasi dan partisipasi kompetisi global, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) berkolaborasi dengan berbagai universitas di luar negeri, di antaranya adalah penjajakan kolaborasi bidang pendidikan, penelitian dan publikasi dengan Universitas Pannonia di Hungaria.

Herri Mulyono, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka mendapatkan kesempatan berbagi pengetahuan terkait metode narrative inquiry pada sesi mata kuliah Metodologi Penelitian Qualitative dalam program master in applied linguistics di University of Pannonia.

Kelas metodologi penelitian kualitatif merupakan kelas internasional dengan mahasiswa dari beberapa negara seperti Aljazair, Panama, Jordan, Palestina dan Rusia.

Herri Mulyono juga berkesempatan melakukan kolaborasi penelitian dan publikasi dengan arahan dari Prof. Judit Navracsics, Kepala Program Doktor Multilingualism Doctoral School, dan tiga kolaborator utama, yaitu Szilvie, Zoltan Poor, dan Claudia.

Herri Mulyono menjadi satu-satunya dosen Uhamka, dan dosen perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) yang berhasil lolos dalam program postdoctoral yang didanai Direktorat Sumber Daya Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Ristek tahun 2022.

Program Postdoctoral merupakan program Kemdikbud Ristek yang memberikan peluang kepada dosen-dosen di perguruan tinggi untuk melakukan pengembangan kompetensi profesionalismenya dalam melakukan tridarma perguruan tinggi.

Selain itu, melalui program postdoctoral tersebut, dosen diharapakan dapat membangun jejaring dan berkolaborasi dengan ilmuwan lain serta dunia usaha dan dunia industri dalam rangka menghasilkan karya-karya inovatif.

Pada sesi wawancara program postdoctoral, Herri Mulyono selaku dosen FKIP Uhamka, mengungkapkan, perguruan tinggi swasta, khususnya Uhamka, harus mendapatkan kesempatan sama dengan PTN yang secara jejaring dan keuangan mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Baca juga: Dosen Sejarah Unesa: Ini Akar Persoalan Sepak Bola Indonesia

“PTS harus diberikan kesempatan yang sama dengan PTN untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan akademik dengan jejaring dan kolaborasi dengan universitas di luar negeri," tegas Herri.

"Jejaring dan kolaborasi dalam hal penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah nantinya akan membantu PTS dalam meningkatkan kualitas system dan output tridarma perguran tinggi di lingungan kampusnya masing-masing,” tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.