Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Uhamka Lolos Program Postdoctoral Kemendikbud Ristek 2022

Kompas.com - 07/10/2022, 20:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka internasionalisasi dan partisipasi kompetisi global, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) berkolaborasi dengan berbagai universitas di luar negeri, di antaranya adalah penjajakan kolaborasi bidang pendidikan, penelitian dan publikasi dengan Universitas Pannonia di Hungaria.

Herri Mulyono, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka mendapatkan kesempatan berbagi pengetahuan terkait metode narrative inquiry pada sesi mata kuliah Metodologi Penelitian Qualitative dalam program master in applied linguistics di University of Pannonia.

Kelas metodologi penelitian kualitatif merupakan kelas internasional dengan mahasiswa dari beberapa negara seperti Aljazair, Panama, Jordan, Palestina dan Rusia.

Herri Mulyono juga berkesempatan melakukan kolaborasi penelitian dan publikasi dengan arahan dari Prof. Judit Navracsics, Kepala Program Doktor Multilingualism Doctoral School, dan tiga kolaborator utama, yaitu Szilvie, Zoltan Poor, dan Claudia.

Herri Mulyono menjadi satu-satunya dosen Uhamka, dan dosen perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) yang berhasil lolos dalam program postdoctoral yang didanai Direktorat Sumber Daya Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Ristek tahun 2022.

Program Postdoctoral merupakan program Kemdikbud Ristek yang memberikan peluang kepada dosen-dosen di perguruan tinggi untuk melakukan pengembangan kompetensi profesionalismenya dalam melakukan tridarma perguruan tinggi.

Selain itu, melalui program postdoctoral tersebut, dosen diharapakan dapat membangun jejaring dan berkolaborasi dengan ilmuwan lain serta dunia usaha dan dunia industri dalam rangka menghasilkan karya-karya inovatif.

Pada sesi wawancara program postdoctoral, Herri Mulyono selaku dosen FKIP Uhamka, mengungkapkan, perguruan tinggi swasta, khususnya Uhamka, harus mendapatkan kesempatan sama dengan PTN yang secara jejaring dan keuangan mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Baca juga: Dosen Sejarah Unesa: Ini Akar Persoalan Sepak Bola Indonesia

“PTS harus diberikan kesempatan yang sama dengan PTN untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan akademik dengan jejaring dan kolaborasi dengan universitas di luar negeri," tegas Herri.

"Jejaring dan kolaborasi dalam hal penelitian, pengabdian dan publikasi ilmiah nantinya akan membantu PTS dalam meningkatkan kualitas system dan output tridarma perguran tinggi di lingungan kampusnya masing-masing,” tambahnya.

Terkait pencapaian tersebut, Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro mengungkapkan rasa bangga terhadap Herri Mulyono yang menjadi perwakilan dosen FKIP Uhamka dalam kolaborasi bidang pendidikan, penelitian dan publikasi dengan Universitas Pannonia di Hungaria.

“Alhamdulillah, ini merupakan hal yang luar biasa. Kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai universitas di luar negeri ini harus terus berjalan untuk ke depannya," ujar Prof. Gunawan.

"Selamat kepada pak Herri Mulyono yang telah mewakili Uhamka untuk partisipasinya dalam kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian dan publikasi dengan Universitas Pannonia di Hungaria," lanjut Rektor Uhamka.

"Untuk dosen-dosen Uhamka lainnya ini harus di contoh agar Uhamka semakin berkemajuan dalam hal kolaborasi dengan universitas di luar negeri,” tutup Prof. Gunawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com