Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 17:07 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Emir Mauludi Husni mendefinisikan metaverse sebagai perpaduan yang sempurna antara realitas fisik, augmented, dan virtual.

Metaverse dapat dimaknai pula sebagai media sosial dalam bentuk 3D atau dunia 3D virtual dalam internet.

Semua orang dapat terhubung dan berinteraksi satu sama lain dalam dunia virtual metaverse di mana pun dan kapan pun mereka mau.

Baca juga: Daftar Jurusan dan Biaya Kuliah S2 ITB, Intip Peluang Beasiswanya

ITB bangun kampus di Metaverse

Ia menjelaskan, rintisan proyek metaverse yang mulai banyak dikembangkan sekarang adalah digital twin. Digital twin merupakan tiruan objek dunia nyata yang dibawa masuk ke dalam metaverse dalam bentuk virtual.

“Digital twin itu bagaimana membuat kembaran dunia fisik di dunia digital. Pengaplikasian digital twin bisa untuk lecturing, environment modelling, seminar, hingga militer,” ujar Prof. Emir.

ITB sebagai institusi yang mendorong inovasi dan perkembangan teknologi terkini telah mencoba penerapan digital twin dalam menciptakan kampus ITB versi metaverse.

Langkah ini sekaligus menjadi terobosan ITB sebagai kampus Indonesia pertama yang ada di metaverse.

Kampus metaverse ITB akan menjadi kampus virtual dengan grafis AAA yang dikembangkan dengan Unreal Engine.

Baca juga: Google Sediakan 5.500 Beasiswa Digital bagi Siswa, Mahasiswa dan Umum

Selain heritage yang dibuat menjadi digital twin, Prof. Emir menambahkan bahwa timnya juga mengembangkan konten kreatif termasuk desain-desain dari mahasiswa tentang bagaimana gambaran ITB di masa depan dalam dunia metaverse.

Pembuatan bangunan ITB metaverse menggunakan sensor 3D scanner dari LiDAR sedangkan untuk lingkungannya menggunakan Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Pembangunan ITB dalam dunia virtual ini juga memperhatikan pilar-pilar pembangunan dalam perspektif makro seperti dalam dunia nyata yaitu infrastruktur, interaksi, serta ekosistem.

Pada infrastructure layer sendiri terdiri dari kebutuhan dasar penunjang operasi dunia virtual yang mencakup komunikasi, komputasi, blockchain, dan penyimpanan.

Dengan adanya kampus metaverse ini pengguna akan merasakan hadir secara fisik dalam dunia non fisik dalam pendidikan virtual.

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

“Metaverse di sini, isinya adalah riset mahasiswa, dosen, juga konten kreatif yang mengandung aspek komersial, jadi semuanya sudah ada di ITB versi metaverse,” tutur Prof. Emir

Tim inti multidisiplin yang berperan langsung dalam pengembangan proyek digital twin ITB ini antara lain Prof. Ir. Emir Mauludi Husni, M.Sc., Ph.D. (STEI), Dr. Deni Suwardhi (FITB), Deny Willy Junaidy, Ph.D. (FSRD) serta Fauzan Alfi Agirahman (SAPPK).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com