Kompas.com - 07/10/2022, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Emir Mauludi Husni mendefinisikan metaverse sebagai perpaduan yang sempurna antara realitas fisik, augmented, dan virtual.

Metaverse dapat dimaknai pula sebagai media sosial dalam bentuk 3D atau dunia 3D virtual dalam internet.

Semua orang dapat terhubung dan berinteraksi satu sama lain dalam dunia virtual metaverse di mana pun dan kapan pun mereka mau.

Baca juga: Daftar Jurusan dan Biaya Kuliah S2 ITB, Intip Peluang Beasiswanya

ITB bangun kampus di Metaverse

Ia menjelaskan, rintisan proyek metaverse yang mulai banyak dikembangkan sekarang adalah digital twin. Digital twin merupakan tiruan objek dunia nyata yang dibawa masuk ke dalam metaverse dalam bentuk virtual.

“Digital twin itu bagaimana membuat kembaran dunia fisik di dunia digital. Pengaplikasian digital twin bisa untuk lecturing, environment modelling, seminar, hingga militer,” ujar Prof. Emir.

ITB sebagai institusi yang mendorong inovasi dan perkembangan teknologi terkini telah mencoba penerapan digital twin dalam menciptakan kampus ITB versi metaverse.

Langkah ini sekaligus menjadi terobosan ITB sebagai kampus Indonesia pertama yang ada di metaverse.

Kampus metaverse ITB akan menjadi kampus virtual dengan grafis AAA yang dikembangkan dengan Unreal Engine.

Baca juga: Google Sediakan 5.500 Beasiswa Digital bagi Siswa, Mahasiswa dan Umum

Selain heritage yang dibuat menjadi digital twin, Prof. Emir menambahkan bahwa timnya juga mengembangkan konten kreatif termasuk desain-desain dari mahasiswa tentang bagaimana gambaran ITB di masa depan dalam dunia metaverse.

Pembuatan bangunan ITB metaverse menggunakan sensor 3D scanner dari LiDAR sedangkan untuk lingkungannya menggunakan Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.