Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 17:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim melakukan kunjungan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 Jakarta yang berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Kedatangannya untuk menyampaikan bela sungkawa atas bencana banjir yang terjadi pada Kamis (6/10/2022), sehingga menyebabkan tembok MTsN 19 roboh.

Baca juga: Ada Kasus di SMAN 2 Depok, Nadiem: Jangan Ada Diskriminasi di Sekolah

Kejadian itu pun menelan korban tiga orang peserta didik.

"Kami di Kemendikbud Ristek sangat terpukul atas bencana ini, dan berharap semoga adik-adik kita yang meninggal diterima di sisi Allah, serta orangtua, keluarga, serta Ibu dan Bapak guru senantiasa diberikan ketabahan oleh Allah SWT," ucap dia dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Mendikbud dalam kunjungannya ke MTsN 19 Jakarta didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, Muhammad Adlin Sila dan Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek Hafidz Muksin.

Kedatangan mereka disambut oleh kepala sekolah MTsN 19 Jakarta.

Setelah datang, Nadiem langsung meninjau lokasi gedung sekolah yang temboknya runtuh akibat serangan banjir dan menelan korban tiga pelajar.

Setelah meninjau lokasi sekolah, Nadiem menyerahkan bantuan “School in the Box” kepada pihak MTsN 19 Jakarta sebagai bentuk kepedulian Kemendikbud Ristek atas terjadinya bencana alam yang berdampak terhadap pendidikan.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 4 Ciri Orang Punya Kesehatan Mental yang Baik

"Madrasah Tsanawiyah secara tata kelolanya memang berada di bawah Kementerian Agama, tetapi kami di Kemendikbud Ristek turun tangan dan membantu sebagai bagian dari penanganan bencana di bidang pendidikan," ucap Nadiem.

Bantuan "School in the Box" merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi erat antara Kemendikbudristek dengan UNICEF yang bertujuan untuk memastikan respons yang tanggap dan cepat jika terjadi bencana yang berdampak pada pendidikan.

Bantuan yang diserahkan oleh Mendikbud Ristek kepada MTsN 19 Jakarta berisi buku-buku pelajaran dan bacaan yang diterbitkan oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek.

"Semoga bantuan yang kami serahkan dapat meringankan beban dan kedukaan yang kita rasakan bersama. Selain itu, dengan bantuan ini, kami juga berharap proses pembelajaran di MTsN 19 Jakarta dapat segera kembali berjalan normal," tukas Nadiem.

Pemerintah renovasi MTsN 19 Jakarta

Sekedar informasi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan pihaknya akan segera merenovasi gedung MTsN 19 Jakarta Selatan.

Menurut Menag, proses renovasi MTsN 19 itu harus segera dilakukan dan tidak boleh ditunda.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

"Hari ini akan kita mulai prosesnya. Tidak boleh lagi ditunda. Agar anak-anak segera belajar," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com