Kompas.com - 29/09/2022, 12:24 WIB

KOMPAS.com - Menjalani kehidupan tentu tidak selalu berjalan mulus seperti harapan. Ada kalanya hidup berjalan di luar rencana sehingga membutuhkan keterampilan hidup untuk tetap bisa bertahan dan tak berputus asa.

Keterampilan hidup atau life skill bisa menolong seseorang mengatasi berbagai persoalan dalam hidup, khususnya saat benar-benar buntu menghadapi masalah.

Berikut sejumlah keterampilan hidup yang bisa mulai diajarkan orangtua kepada anak agar anak bisa tumbuh mandiri dan percaya akan kemampuan dirinya saat menghadapi persoalan hidup, melansir Sekolah BPK Penabur:

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

1. Kemampuan mengambil keputusan

Membuat keputusan yang tepat merupakan keterampilan hidup yang perlu dipelajari anak. Keterampilan ini bahkan perlu diajarkan sejak usia dini.

Orangtua bisa memulainya dengan mengajak anak mengambil keputusan dasar, seperti memilih rasa es krim vanilla atau strawberry, baju berwarna biru atau putih, bermain masak-masakan atau rumah-rumahan.

Untuk itu, orangtua perlu memberikan anak kesempatan untuk memilih banyak hal atas keputusannya sendiri. Sambil bertanya apa alasan anak memilih hal tersebut untuk mengasah kemampuan berpikir sebelum mengambil sebuah keputusan.

Saat anak memasuki usia Sekolah Dasar, ia bisa mulai belajar tentang manfaat dari sebuah keputusan maupun konsekuensinya.

Ajarkah pula bahwa bila keputusan tak selalu berakhir baik, namun itu bukan untuk disesali terlalu lama, melainkan menjadi tanda bahwa anak dapat belajar dan segera memperbaiki.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

2. Mengatur waktu

Mengajarkan untuk mengatur waktu bukan saja soal mengukur waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu, tapi juga bagaimana menyelesaikan tugas dan menjaga jadwal tetap dilakukan secara rutin.

Mempelajari salah satu keterampilan hidup ini membantu anak menjadi pandai dalam mengelola waktu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.