Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2022, 19:04 WIB

KOMPAS.com – Data yang diperoleh dari UNESCO Institute for Statistics (UIS), terdapat 53.604 mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri pada tahun 2021.

Meski nampaknya cukup banyak, tetapi jumlahnya masih sangat rendah bila dibandingkan negara-negara lain, dengan populasi yang jauh lebih sedikit daripada Indonesia, seperti Nepal, Iran, dan Vietnam.

Malaysia sendiri yang memiliki populasi sebesar Provinsi Jawa Tengah pun, memiliki lebih banyak mahasiswa yang studi di luar negeri dari pada Indonesia, dengan jumlah 59.144 orang.

Indonesia Mengglobal, organisasi nirlaba yang dijalankan puluhan anak muda berprestasi, memiliki misi untuk memperluas akses informasi pendidikan dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk mewujudkan mimpinya berkuliah, mendapatkan beasiswa, maupun berkarier di tingkat global di perayaan hari jadi ke-10.

Baca juga: 5 Program Beasiswa S1-S2 Inggris, Beri Biaya Kuliah hingga 100 Persen

Indonesia Mengglobal didirikan pada 2012 oleh beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di Stanford University. Kini, Indonesia Mengglobal telah berkembang sebagai portal informasi yang memfasilitasi diskusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan Pendidikan dan mengembangkan karier di kancah dunia.

Bersamaan dengan HUT RI ke-77, Indonesia Mengglobal mengajak mahasiswa Indonesia mengukir prestasi dan melanjutkan pendidikan sampai ke kancah global.

Dengan mengundang tiga panelis dari mahasiswa Indonesia yang berprestasi, Indonesia Mengglobal gelar wicara yang bertajuk “To IMFinity and Beyond: Turning Trials into Triumph-Making the Most Opportunities to Study Abroad” yang diselenggarakan di @America Pacific Place, Jakarta, pekan lalu.

Ketiga panelis tersebut yakni Dwinanda Ardhi (alumni Duke University & Presiden Indonesia Mengglobal), Indah Shafira Zata Dini (alumni Harvard University), dan David Orlando (alumni Yale University).

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

 

Ketiganya berbagi inspirasi kepada 100 peserta tentang bagaimana mendapatkan kesempatan studi lanjut ke luar negeri dengan beasiswa.

Kuliah di luar negeri, peluang untuk bertumbuh dan mengubah mindset

Indonesia Mengglobal memfasilitasi calon-calon mahasiswa Indonesia yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri, seperti program Mentorship dan PhD Bootcamp.

Pose bersama para panelis, panitia, dan peserta acara perayaan ulang tahun satu dekade Indonesia Mengglobaldok.Kemendikbudristek Pose bersama para panelis, panitia, dan peserta acara perayaan ulang tahun satu dekade Indonesia Mengglobal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+