Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerjaan Part Time yang Cocok buat Mahasiswa, Ini Daftarnya

Kompas.com - 28/08/2022, 12:55 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - Kuliah sambil bekerja, bisa dilakukan selama bisa mengatur waktunya. Untuk mahasiswa, pekerjaan yang cocok adalah part time.

Bekerja part time jadi solusi untuk menanggung biaya kebutuhan sehari-hari.

Kekurangan secara finansial memang tidak nyaman. Tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental kalau dari semester satu sampai semester akhir nanti harus makan-makanan kurang bergizi.

Dengan bekerja part time, gajinya bisa kamu pakai untuk ongkos ke kampus, uang makan siang, dan bahkan untuk membantu meringankan beban orang tua dalam membayar biaya kuliah.

Baca juga: Ingin Kuliah Sambil Kerja? Begini Cara Mengaturnya

Penghasilan kamu juga bisa digunakan untuk menabung atau bahkan mencicil motor. Jadi jangan terlalu larut dengan pekerjaan, tapi juga perhatikan kesehatan dan kebutuhanmu di masa mendatang.

Dilansir dari laman Universitas Katolik Widya Karya, ada daftar pekerjaan part time yang cocok bagi mahasiswa.

1. Barista

Menjadi Barista di Coffee shop sedang menjadi tren, terutama di perkotaan. Banyak cafe yang membutuhkan barista, terkadang tidak ada ketentuan harus lulus kuliah.

Umumnya coffee shop menyediakan sesi training supaya calon pekerjanya bisa mengolah kopi sekaligus mengajari bagaimana cara melayani pelanggan dengan ramah.

Jadi ini kesempatan yang bisa kamu ambil. Siapa tahu kedepannya kamu bisa bangun coffee shop kecil-kecilan sendiri setelah lulus dari Universitas.

2. Tutor

Sebagai mahasiswa, soal ilmu tentu sudah menjadi makanan sehari-hari. Dibanding dengan anak SMA, SMP, bahkan SD, sudah pasti pengetahuan dan wawasan yang kamu punya di atas mereka.

Baca juga: Beasiswa ke Luar Negeri Tanpa TOEFL, 7 Negara Ini Patut Dicoba

Sayang sekali jika kamu tidak memanfaatkan kelebihan kamu ini untuk jadi peluang dapat uang. Dengan begitu, kamu bisa menyalurkan ilmu sekaligus mendapatkan pendapatan dengan jadi tutor.

Bagaimana menjadi tutor yang kerja part time? syaratnya apa saja? Untuk mereka yang indeks prestasi atau IP-nya 3.++, kamu punya peluang lebih besar untuk menjadi tutor.

Selain syarat yang satu itu, kamu setidaknya merupakan mahasiswa tingkat akhir. Terus minimal menguasai mata pelajaran diujikan dalam ujian nasional atau seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com