Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genteng Pintar Bertenaga Surya Ini Hasil Inovasi Mahasiswa UGM

Kompas.com - 28/08/2022, 12:42 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tim mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat inovasi genteng pintar yang bertenaga surya.

Hal ini dilakukan karena melihat potensi yang sangat besar sumber energi terbarukan di Indonesia yang bisa dimanfaatkan. Yakni sumber energi dari sinar matahari.

Meski demikian, penggunaan tenaga surya di Indonesia masih jauh dari target dan potensi yang dimiliki, hanya 0,05 persen dari potensi tersebut yang sudah dimanfaatkan.

Karenanya, tim mahasiswa UGM tersebut mencoba mengembangkan sebuah inovasi pemanfaatan energi surya untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga melalui pembuatan genteng fotovoltaik pintar yang dinamakan smart rooftop.

Baca juga: Kuliah Umum UGM: Penduduk RI Kerja di Sektor Maritim Masih Sedikit

Tentunya, genteng ini berbeda dengan genteng biasa. Pada genteng pintar bertenaga surya yang satu ini merupakan genteng dengan menggunakan energi sel surya yang berbasis Internet of Things (IoT) yang dilapisi self-cleaning glass.

Sel surya jadi sumber listrik

Menurut salah satu mahasiswa, Nifwan Arbi Nugroho, sama seperti genteng pada umumnya, tetapi genteng ini dilengkapi sel surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik.

"Genteng ini juga dilengkapi dengan self-cleaning glass agar kotoran yang menempel pada permukaan mudah dibersihkan lewat ponsel," ujarnya dikutip dari laman UGM, Jumat (26/8/2022).

Anggota tim lainnya, Lathief Nurmahmudi Wijaya mengatakan, keunggulan genteng surya ini ada pada penggunaan teknologi IoT.

Sehingga memudahkan proses perawatan secara otomatis dari gawai. Bahkan, bisa mengetahui performa genteng surya hingga mengetahui keadaan lingkungan sekitar.

Baca juga: Pakai Styrofoam Bekas, Mahasiswa UGM Inovasi Penyerap Limbah Laundry

"Genteng pintar ini dilengkapi alat penyiram air yang terhubung dengan perangkat ponsel pintar, proses pemeliharaan dapat dilakukan secara otomatis saat tidak ada hujan," jelasnya.

Dilengkapi beberapa sensor

Tak hanya itu saja, genteng surya ini terdapat berbagai sensor seperti:

1. sensor suhu

2. sensor hujan

3. sensor kelembaban

4. sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor)

5. sensor daya yang membuat pengguna mengetahui kondisinya

Lathief menambahkan, meski ini baru penelitian, tetapi genteng pintar bertenaga surya ini akan terus dikembangkan.

Tentu agar nantinya bisa lebih banyak fitur-fitur yang ditambahkan pada genteng dan juga dapat dikomersilkan supaya bisa memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Baca juga: Ini Fitur di Aplikasi Deteksi Dini Stunting Inovasi Mahasiswa UGM

Selain Nifwan dan Lathief, genteng pintar bertenaga surya ini dirancang oleh anggota tim lainnya dari Fakultas Teknik UGM yakni Muhammad Rafif Taqiyuddin dan Maulana Istar dengan mendapat bimbingan dosen Fakultas Teknik UGM, Ahmad Agus Setiawan, ST., M.Sc., Ph.D.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com