Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Kuasai Grammar Bahasa Inggris, Mahasiswa Bisa Coba

Kompas.com - 20/08/2022, 10:30 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Di era globalisasi seperti saat ini, penting bagi generasi muda untuk menguasai bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris, akan memperbesar peluangmu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Bahkan di perusahaan internasional.

Saat belajar bahasa Inggris, salah satu hal yang penting dikuasai adalah grammar. Namun tak sedikit pula orang merasa kesulitan dalam menguasai grammar bahasa Inggris.

Hal ini dapat terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah keliru dalam mempelajari grammar bahasa Inggris.

Baca juga: Punya Nilai IPK Rendah? Mahasiswa Perlu Lakukan 7 Cara Ini

Melansir dari laman Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA, Sabtu (20/8/2022), membagikan tips belajar grammar bahasa Inggris yang perlu diketahui para pelajar maupun mahasiswa. Kamu bisa mencoba tips belajar grammar bahasa Inggris ini untuk meningkatkan skill bahasa Inggris-mu.

1. Banyak praktik

Tips yang pertama saat belajar grammar bahasa Inggris adalah banyak latihan atau praktik. Seperti istilah practice makes perfect, saat kamu banyak praktik langsung, penguasaan bahasa Inggris-mu akan makin lancar.

Jadi, jangan takut untuk berbicara langsung dengan teman, kerabat, atau orang lain menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga jangan khawatir melakukan kesalahan ketika sedang belajar grammar. Kamu hanya perlu berusaha dan menilik kesalahanmu sehingga hal tersebut tidak kembali diulangi.

Baca juga: 4 Kampus dengan Bidang Engineering-Technology Terbaik di Indonesia

2. Banyak membaca

Tips lain saat belajar grammar bahasa Inggris yakni dengan cara banyak membaca. Buku bahasa Inggris yang dipilih tidak harus yang tebal. Mahasiswa bisa memulainya dengan bacaan yang ringan seperti berita atau artikel.

Setelah itu, baru berpindah ke novel ataupun buku lain berbahasa Inggris. Saat membaca buku bahasa Inggris, kamu perlu fokus pada struktur kalimat yang digunakan. Cara ini juga bisa menjadi langkah untuk belajar kosakata baru.

Bagi mahasiswa yang tidak begitu suka membaca buku, ada alternatif lain untuk belajar grammar. Yakni dengan menonton film berbahasa Inggris. 

3. Ingat dasar-dasar tenses

Jika ingin menguasai grammar bahasa Inggris, kamu harus juga mengingat 3 dasar tenses, yaitu past tense, present tense dan future tense. Kamu harus memahami pola dan penggunaan dari ketiga susunan tenses ini.

Baca juga: Pencurian Cokelat di Alfamart karena Kleptomania? Ini Kata Psikolog Unair

4. Pahami pola kalimat dan part of speech

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com