Kompas.com - 20/08/2022, 06:07 WIB

KOMPAS.com - Indeks Prestasi Kumulatif atau sering disebut IPK merupakan nilai rata-rata dari seluruh mata kuliah yang ditempuh sejak semester pertama hingga akhir.

Nilai IPK saat kuliah ini juga sering kali jadi patokan suatu perusahaan saat merekrut karyawan. Sehingga mahasiswa harus terus menjaga nilai IPKnya agar tetap bagus.

Namun apa yang harus dilakukan mahasiswa jika saat ini nilai IPKnya cenderung rendah? Melansir dari laman masoemuniversity, Sabtu (20/8/2022), ada 7 cara yang harus dilakukan mahasiswa jika nilai IPKnya rendah.

Lantas apa saja cara yang perlu dilakukan mahasiswa jika IPKnya rendah? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Jurusan Ilmu Kedokteran Forensik: Keunggulan dan Prospek Kerjanya

Cara yang perlu dilakukan mahasiswa jika nilai IPK rendah

1. Tentukan target nilai untuk semester berikutnya terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu dilakukan mahasiswa untuk meningkatkan nilai IPKnya adalah memastikan target nilai terlebih dahulu. Karena seberapa keras mengejar nilai, semuanya tergantung dengan niat awalnya.

Maka dari itu, lihat dulu berapa nilai IPK yang diperoleh saat ini. Seberapa banyak nilai yang kurang dari nilai minimal, dan buat target yang tinggi untuk setiap semester sehingga kamu akan selalu mengejar target itu hingga dapat.

2. Susunan jadwal belajar

Ketika kamu sudah tahu target nilai yang harus dicapai, maka sekarang kamu perlu membuat susunan jadwal belajar setiap harinya. Tetapi pastikan jadwal belajarnya tidak terlalu berlebihan karena kamu juga perlu menyeimbangkan dengan waktu istirahat.

Baca juga: Kenali Sejarah OSIS, Fungsi hingga Manfaatnya bagi Siswa

3. Mencari pergaulan yang positif

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.