Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Nilai IPK Rendah? Mahasiswa Perlu Lakukan 7 Cara Ini

Kompas.com - 20/08/2022, 06:07 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Indeks Prestasi Kumulatif atau sering disebut IPK merupakan nilai rata-rata dari seluruh mata kuliah yang ditempuh sejak semester pertama hingga akhir.

Nilai IPK saat kuliah ini juga sering kali jadi patokan suatu perusahaan saat merekrut karyawan. Sehingga mahasiswa harus terus menjaga nilai IPKnya agar tetap bagus.

Namun apa yang harus dilakukan mahasiswa jika saat ini nilai IPKnya cenderung rendah? Melansir dari laman masoemuniversity, Sabtu (20/8/2022), ada 7 cara yang harus dilakukan mahasiswa jika nilai IPKnya rendah.

Lantas apa saja cara yang perlu dilakukan mahasiswa jika IPKnya rendah? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Jurusan Ilmu Kedokteran Forensik: Keunggulan dan Prospek Kerjanya

Cara yang perlu dilakukan mahasiswa jika nilai IPK rendah

1. Tentukan target nilai untuk semester berikutnya terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu dilakukan mahasiswa untuk meningkatkan nilai IPKnya adalah memastikan target nilai terlebih dahulu. Karena seberapa keras mengejar nilai, semuanya tergantung dengan niat awalnya.

Maka dari itu, lihat dulu berapa nilai IPK yang diperoleh saat ini. Seberapa banyak nilai yang kurang dari nilai minimal, dan buat target yang tinggi untuk setiap semester sehingga kamu akan selalu mengejar target itu hingga dapat.

2. Susunan jadwal belajar

Ketika kamu sudah tahu target nilai yang harus dicapai, maka sekarang kamu perlu membuat susunan jadwal belajar setiap harinya. Tetapi pastikan jadwal belajarnya tidak terlalu berlebihan karena kamu juga perlu menyeimbangkan dengan waktu istirahat.

Baca juga: Kenali Sejarah OSIS, Fungsi hingga Manfaatnya bagi Siswa

3. Mencari pergaulan yang positif

Sebagai mahasiswa, mendapatkan nilai IPK yang bagus juga harus didukung dengan lingkaran pertemananmu. Karena pergaulan yang dimiliki saat ini juga akan memengaruhi semangat untuk belajar.

Karena manusia merupakan makhluk sosial sehingga tidak mengherankan jika perilaku akan selalu terpengaruhi teman-teman di sekitarmu.

Lebih baik kamu mencari pergaulan yang dapat memberi dampak positif terhadap perkembangan akademik. Bahkan kamu juga bisa berteman dengan seseorang yang memiliki ilmu lebih tinggi sehingga bisa belajar banyak hal.

4. Kerjakan tugas kuliah secepatnya

Nilai IPK rendah bisa diakibatkan karena telat dalam mengumpulkan tugas atau tidak mengerjakannya sama sekali karena rasa malas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com