Kompas.com - 18/08/2022, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Jurusan ilmu kedokteran forensik menjadi salah satu bidang ilmu yang bisa dipilih para mahasiswa Kedokteran saat mengambil spesialis.

Meski banyak dibutuhkan, namun peminat jurusan forensik ini terbilang sedikit. Hal ini disebabkan anggapan masyarakat yang menilai dokter spesialis forensik hanya berkutat dengan mayat saja.

Melansir dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (18/8/2022) dokter spesialis forensik dan medikolegal adalah dokter spesialis yang memiliki kemampuan mengelola barang bukti medis.

Barang bukti medis ini bisa berupa benda-benda biologis manusia yang hidup maupun yang sudah meninggal dunia untuk dijadikan alat bukti hukum.

Baca juga: Hanya Ada 1 di Indonesia, Yuk Kenali Prodi Kedokteran Penerbangan UI

Termasuk melacak bagian-bagian tubuh untuk kepentingan identifikasi.

Bagi mahasiswa kedokteran yang belum menentukan program apa yang akan diambil untuk menjadi dokter spesialis, simak informasi mengenai spesialis forensik berikut ini.

Keunggulan spesialis forensik

Lulusan program studi ini dengan mengacu pada evidence based medicine akan dipergunakan pada bidang peradilan.

Lulusan jurusan ilmu kedokteran forensik memiliki kemampuan membantu, membuat terang dan jelasnya suatu perkara hukum terhadap barang bukti peradilan medis manusia baik yang hidup maupun yang mati.

Baca juga: PT Triputra Agro Persada Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3-S1

 

Bagian-bagian tubuh manusia, maupun benda-benda biologis manusia.

 

Kompetensi di bidang Identifikasi Forensik akan dipergunakan dalam kegiatan operasi Disaster Victims Identification (DVI) pada bencana dengan korban massal.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.