Kompas.com - 19/08/2022, 19:09 WIB
|

KOMPAS.com - Sebanyak 1.382 mahasiswa baru (Maba) Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPN Jogja) mengikuti Outbound Pelatihan Bela Negara UPN Jogja di Akademi Angkatan Udara (AAU).

Menurut Setyo Budi Takarina selaku Kepala Biro Badan Layanan Umum (BLU) UPN Jogja, kegiatan dalam kemasan Outbound Bela Negara ini akan memberikan sejumlah pelatihan bela negara guna meningkatkan kedisiplinan dan menanamkan karakter yang baik kepada setiap mahasiswa.

Pembentukan karakter in harus dilakukan sejak dini. Tentu, ini menjadi penting agar setiap anak memiliki mental yang tangguh saat menghadapi tantangan, perubahan dan situasi tertentu di masa akan datang.

Baca juga: Dapat Hibah Alat dari Kementerian ESDM, UPN Jogja Produksi Bioetanol

"Pertama, anak-anak sekarang mungkin akan terjerumus oleh arus global, sehingga sikap cinta tanah air-nya dianggap kurang bagus," ujarnya dikutip dari laman UPN Jogja, Kamis (18/8/2022).

Kemudian yang kedua, lanjut dia, kesadaran berbangsa dan bernegara. "Ini kita akui, kalau tidak diberikan landasan yang kuat, mahasiswa itu bisa jadi dia akan kurang memperhatikan, dan sikap cinta tanah air akan luntur," imbuhnya.

Hasilkan mahasiswa berkarakter bela negara

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan mahasiswa yang berkarakter bela negara dan dapat beradaptasi dengan baik di masa mendatang, baik dalam pekerjaan ataupun kehidupan bermasyarakat.

"Harapannya, dengan pelatihan outbound bela negara ini mahasiswa punya modal dasar untuk sikap bela negara yang nantinya akan ditanamkan saat ini atau setelah selesai Pendidikan dari UPNVY dan akan menjadi ciri khas lulusan dari UPN Jogja," harapnya.

Baca juga: Begini Cara Dosen UPN Jogja Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan KWT di Sleman

Sementara Kepala Penerangan AAU, Letkol Sus Sutrisno mengatakan bakal memberikan kegiatan terkait:

1. kedisplinan

2. kesigapan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.