Kompas.com - 19/08/2022, 16:43 WIB

KOMPAS.com - Dosen Departemen Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Margaretha memberikan penjelasannya mengenai arti, penyebab dan pengobatan kleptomania.

Gangguan kleptomania ini marak diperbincangkan setelah kasus pencurian cokelat yang dilakukan Mariana di Alfamart menjadi viral. Belakangan diketahui bahwa Mariana diduga menderita kleptomania.

Margaretha mengatakan, gangguan kleptomania berkaitan dengan penyebab, gejala, cara mengobati, hingga pencegahannya.

 

Menurut data statistik dalam Buku Panduan Penegakan Diagnosa yang disusun oleh American Psychiatric Association pada tahun 2013, kleptomania itu ada sekitar 0,3 hingga 0,6 dari populasi manusia dan sekitar 5 persen pencurian itu dilakukan oleh orang yang memiliki kleptomania.

Baca juga: Bergelar Doktor Ilmu Hukum, Satu Keluarga Alumni Unair Raih Rekor MURI

Margaretha menerangkan, untuk mengetahui Mariana sebagai pengidap gangguan kleptomania atau bukan, perlu penelusuran lebih lanjut.

"Hal ini untuk mengetahui niatnya dalam mencuri cokelat di Alfamart tersebut," kata Margaretha seperti dikutip dari laman Unair, Jumat (19/8/2022).

Pengertian kleptomania

Dia menjelaskan, kleptomania adalah salah satu sindrom atau gangguan mental, gangguan psikologis, yang membuat orang kesulitan untuk mengelola dirinya.

Sehingga berulang kali mencuri atau mengambil barang milik orang lain. Dalam hal ini, mencuri atau mengambil barang milik orang lain yang dimaksud sebenarnya bukanlah barang-barang yang dibutuhkan, melainkan yang diinginkan.

Padahal sebenarnya, barang yang diinginkan tersebut mampu dimiliki oleh pengidap gangguan kleptomania secara normal dengan membeli.

"Jadi ini lebih tentang impuls, kesulitan mengelola impuls," tutur Margaretha.

Baca juga: Kenali Sejarah OSIS, Fungsi hingga Manfaatnya bagi Siswa

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.