Kompas.com - 19/08/2022, 14:44 WIB

KOMPAS.com - Almarhum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir Yosua meraih IPK 3,28 sebagai mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Universitas Terbuka (UT).

Almarhum Brigadir Yosua terdaftar sebagai mahasiswa Unit Program Belajar Jarak Jauh atau UPBJJ UT Jambi sejak tahun 2015.

Sebagai informasi, UT merupakan perguruan tinggi negeri dengan sistem pembelajaran yang berbeda dari universitas lain dalam hal penyelenggaraan pembelajaran mulai dari penyampaian materi ajar sampai dengan penyampaian ijazah bagi lulusan.

Almarhum Nofriansyah Yosua Hutabarat sendiri telah mengetahui UT sejak lama, di mana keluarganya, yaitu ibunda almarhum adalah alumnus UT dan adiknya mahasiswa UT.

Terkait dengan pelaksanaan wisuda di UT Pusat, wisudawan yang hadir adalah mahasiswa terpilih dengan IPK minimal 2,7. Wisudawan lain melakukan seremoni wisuda di daerah masing-masing sesuai UPBJJ-UT atau Wisuda Daerah.

Melalui rilis resmi, Jumat (19/8/2022), Rektor UT Prof. Ojat Darojat atas nama sivitas akademika UT turut menyampaikan rasa dukacita atas berpulangnya salah satu mahasiswa UT dengan IPK sangat memuaskan mencapai IPK 3,28, yakni Nofriansyah Yosua atau Brigadir Joshua.

"Tahun ini almarhum selesai dan seharusnya ikut wisuda di UT Pusat tanggal 23 Agustus 2022," ungkap Rektor UT melalui rilis resmi.

"Dalam kaitannya dengan penyampaian ijazah bagi calon wisudawan dari Prodi Ilmu Hukum yang sedang terkena musibah yang bernama Nofriansyah Yosua, UT berencana memberikan hak sebagaimana layaknya diberikan pada mahasiswa lainnya," tambah Prof. Ojat Darojat.

Sebagai apresiasi, UT memfasilitasi dan mengakomodasi kehadiran kedua orangtua almarhum untuk hadir di UT Convention Center (UTCC) dalam acara wisuda tanggal 23 Agustus 2022, sekaligus menerima ijazah yang akan diserahkan oleh Rektor UT.

Baca juga: Gelar IYCC, LPI Dompet Dhuafa Wisuda 256 Penerima Manfaat Etos ID

Undangan serta koordinasi kehadiran telah dilakukan dengan pihak keluarga dan menunggu kehadiran keluarga almarhum.

"Bentuk apresiasi yang diberikan kepada keluarga almarhum adalah salah satu bentuk kepedulian UT kepada mahasiswanya," ujar Prof. Ojat Darojat.

Meskipun UT bukan perguruan tinggi tatap muka yang dapat bertemu langsung dengan mahasiswanya setiap saat, Rektor menyampaikan, pihaknya selalu mengedepankan mutu dan layanannya yang terbaik untuk mahasiswa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.