Kompas.com - 19/08/2022, 12:28 WIB

KOMPAS.com - Air bisa jadi bahan bakar, menjadi isu yang menimbulkan banyak pertanyaan dari masyarakat.

Mungkinkah, air bisa mengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga bisa mengurangi polusi? Atau apakah air bisa jadi bahan bakar hanya hoax saja? 

Pertanyaan seperti itu, bermula dari jagat media yang dihebohkan dengan klaim seseorang  mengaku telah berhasil mengubah air menjadi bahan bakar beberapa waktu lalu melalui sebuah alat konversi. 

Temuannya ini juga telah diujicobakan pada kendaraan bermotor dan berhasil. Namun sang inovator mengakui bahwa temuannya ini belum dilakukan pengujian secara scientific.

Baca juga: Peneliti BRIN Sebut Puing Roket yang Jatuh ke Laut Tidak Berbahaya

Peneliti Laboratorium Motor Bakar, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Arifin Nur punya penjelasan terkait temuan air bisa jadi bahan bakar.

Pada prinsipnya air memang bisa diubah menjadi bahan bakar, namun untuk saat ini belum efisien.

Dari sisi proses pemisahan molekul air menjadi hidrogen dan oksigen, Arifin membenarkan temuan yang sedang viral tersebut.

“Itu memang benar, air bisa dipisahkan menjadi hidrogen dan oksigen, tapi bila dilihat dari efisiensinya itu tidak masuk,” ujar Arifin, dilansir dari laman BRIN.

Menurutnya, untuk memisahkan unsur air yang merupakan unsur paling stabil di dunia, itu membutuhkan energi yang sangat besar.

Riset semacam ini telah dilakukan di banyak negara termasuk di Indonesia, bahkan Arifin mengaku telah diajak PT. PLN untuk melakukan pengujian terhadap temuan yang sama dari masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.