Kompas.com - 19/08/2022, 13:37 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menurut para ahli usia menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan belajar bahasa Inggris.

Dengan begitu, belajar bahasa Inggris sejak dini diklaim lebih tinggi tingkat keberhasilannya, dibanding dimulai dari usia remaja atau dewasa.

Baca juga: Demam Berdarah Mematikan, Ini 3 Tips Hindarinya dari Dosen UM Surabaya

Walaupun demikian, belum ada ukuran usia yang pasti kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak belajar bahasa inggris.

Namun, lebih cepat mengajarkan bahasa inggris kepada anak akan lebih baik.

Untuk mengajarkan bahasa Inggris, orangtua atau guru perlu tahu beberapa tahapan perkembangan kognitif anak.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM SUrabaya, Sri Lestari menjelaskan, ada tiga tahapan yang penting untuk diperhatikan dalam mengenalkan bahasaInggris, yaitu tahap sensorimotor, pra oprasional, dan oprasional. Tahapan ini berlangsung mulai anak berusia 0-7 tahun ke atas.

Tari menjelaskan, mulai tahap sensorimotor hingga pra-oprasional usia 0-7 tahun, penting bagi orangtua atau guru mengenalkan bahasa inggris melalui benda-benda atau hal konkret yang sering mereka jumpai.

"Baru setelah tujuh tahun ke atas, anak bisa diajarkan tentang konsep yang abstrak misalnya konsep waktu dalam bahasa inggris yang tentunya sangat berbeda dengan konsep waktu dalam bahasa indonesia," ungkap dia melansir laman UM Surabaya, Jumat (19/8/2022).

Dia mengaku, dengan mempertimbangkan tahapan tersebut, orangtua atau guru dapat menentukan topik, materi, kosakata, dan media belajar apa yang tepat diberikan untuk anak-anak.

Baca juga: Mahasiswa Lakukan Perpeloncoan, Rektor Undip: Saya Langsung Drop Out

Asumsi bahwa anak-anak lebih mudah mempelajari bahasa asing juga datang dari faktor afektif mereka.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.