Kompas.com - 19/08/2022, 14:10 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbud Ristek, berencana menyelenggarakan Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII pada tahun 2023.

Sehubungan dengan itu, Badan Bahasa meluncurkan secara resmi tema, subtema, slogan, dan logo KBI XII Tahun 2023 pada Kamis (18/8/2022) di kantor Badan Bahasa, Jakarta.

Tema yang diusung pada KBI XII yaitu “Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa” yang bermakna bahwa penguatan baca-tulis perlu ditumbuhkan dari kesadaran tentang kebinekaan yang menjadi fakta keindonesiaan.

Fakta itu meliputi adat istiadat, suku bangsa, bahasa, dan agama.

Kebinekaan tersebut merupakan aset yang dapat menjadi kekayaan dan kekuatan untuk merajut rasa bangga sebagai bangsa yang beragam. Kekuatan inilah yang menjadi modal kuat untuk memajukan bangsa,

Baca juga: Ubah Pedoman Ejaan, Badan Bahasa Luncurkan EYD Edisi V

Kemudian, tema itu dikembangkan menjadi tiga subtema yang selaras dengan tiga program prioritas Badan Bahasa, yaitu Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah, Literasi Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Penginternasionalan Bahasa Indonesia.

Semua program itu bermuara pada peningkatan literasi bahasa dan sastra daerah serta literasi bahasa dan sastra Indonesia.

“Alasan mengangkat isu literasi itu karena literasi menjadi modal bagi suatu bangsa untuk berkembang. Tingkat literasi menentukan itu semua,” ucap Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa E. Aminudin Aziz, Kamis (18/8/2022) di Jakarta.

Ia menjelaskan, literasi dipahami sebagai bentuk kecakapan seseorang untuk mengolah informasi, baik teks maupun nonteks, kemudian digunakan untuk keperluan peningkatan kualitas hidup orang tersebut.

Adapun slogan pada Kongres Bahasa Indonesia XII Tahun 2023 adalah “Adibasa, Adiwangsa”. Slogan ini merupakan bentuk ungkapan dari cita-cita menuju bangsa yang unggul dengan modal kebahasaan dan kesastraan yang kuat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.