Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar PresUniv: Kehadiran Kendaraan Otonom Merupakan Keniscayaan

Kompas.com - 19/08/2022, 15:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kehadiran kendaraan tanpa awak atau kendaraan otonom (autonomous vehicle) AV atau AV merupakan keniscayaan sebagai bagian dari sistem transportasi masa depan.

Hal ini mengemuka dalam webinar "Melirik Prospek Kendaraan Otonom di Indonesia: Peluang serta Tantangannya" yang merupakan hasil kerja sama antara President University (PresUniv), Kementerian Perhubungan, dan PT Jababeka & Co. 

Webinar yang digelar pada 13 Agustus 2022 ini dihadiri lebih dari 500 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen dari sekitar 60 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam sambutan webinar menyampaikan, AV merupakan moda transportasi masa depan dan akan menjadi bagian dari sistem transportasi cerdas (intelligent transport system atau ITS).

Budi Karya menilai, kendaraan ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya, tepat waktu, konsumsi bahan bakarnya hemat hingga 15 persen, mengurangi emisi karbon, mengatasi kemacetan lalu lintas, dan mengurangi tingkat kecelakaan akibat kelalaian manusia (human error) hingga 40 persen.

"Dengan sejumlah keunggulannya tersebut, pemerintah ingin mengoperasikan AV di kawasan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur. Ini sejalan dengan konsep IKN, yakni green and smart city yang mengutamakan penggunaan energi baru terbarukan dan ramah lingkungan," ungkap Budi Karya.

Meski begitu masih ada sejumlah tantangan dalam mewujudkan AV sebagai bagian dari sistem transportasi nasional di antaranya, kesiapan jalan, kondisi lingkungan, jaringan internet, regulasi teknis yang terkait dengan laik jalan, termasuk pelaksanaan uji kendaraan.

"Pemerintah saat ini tengah menyusun dan mematangkan regulasi yang terkait dengan kendaraan otonom. Untuk mewujudkan AV menjadi bagian dari sistem transportasi nasional, pemerintah membutuhkan dukungan dan kolaborasi dari banyak pihak, seperti akademisi dan kalangan swasta," ungkas Menhub.

Baca juga: UGM Siap Terjunkan Mobil Formulanya di Belanda

Prospek kendaraan otonom

Dalam kesempatan sama, Direktur PT Jababeka Tbk. Suteja Sidarta Darmono menegaskan, pihaknya siap mendukung kehadiran kendaraan otonom di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com