Kompas.com - 20/08/2022, 06:07 WIB
|

KOMPAS.com - Dari sekian banyak mahasiswa baru (Maba) Institut Teknologi Sumatera (Itera), ada dua mahasiswa baru yang punya cerita menarik.

Salah satunya ialah Fardita Ode Josan. Gadis berjilbab yang diterima pada Program Studi Farmasi ini namanya diumumkan sebagai mahasiswa asal terjauh dari 4.860 mahasiswa baru yang diterima di Itera.

Fardita sendiri berasal dari Kelurahan Kabare, Kecamatan Waigeo Utara, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Baca juga: Teleskop Itera Tangkap Gambar Puing Rocket CZ-5B di Langit Sumatera

Adapun jarak tempat tinggal asalnya dengan kampus Itera kurang lebih 2.911 km. Tentu, perjalanan yang harus ditempuh tidak lah dekat.

Dapat beasiswa bisa kuliah

Namun, Fardita mengaku bangga menjadi salah satu mahasiswa Itera. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, diterimanya Fardita menjadi mahasiswa Itera juga menjadi kegembiraan keluarganya.

Terlebih dia diterima melalui program beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik).

"Saya sangat bersyukur dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi untuk meraih mimpi, program beasiswa ini juga meringankan beban kedua orang tua, karena jika tidak beasiswa mungkin saya tidak bisa kuliah," ujar Fardita seperti dikutip dari laman Itera, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Mahasiswa Itera Inovasi Filter Air Bersih Berbahan Limbah

Ia menjelaskan, perjalanan pertama ke Lampung menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Selain menjadi perjalanan jauh pertama yang membuatnya harus berpisah dari orang tua, namun Fardita mengaku senang menemukan lingkungan baru, dan teman-teman baru.

Fardita menilai orang-orang di Lampung sangat ramah dan mau menerimanya.
"Kesan pertama aku saat melihat orang Lampung itu asik, baik, dan mau menerima kehadiran aku jadi aku nyaman juga," tuturnya.

Meski demikian, ia masih bisa berkomunikasi dengan orangtua atau keluarga melalui sambungan telpon.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.