Kompas.com - 19/08/2022, 19:57 WIB
|

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, pemerintah mulai menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Yakni Pertamax Series dan Dex Series.

Sedangkan BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Bio Solar harganya tetap. Untuk itulah masyarakat harus bijak dalam menggunakan BBM bersubsidi tersebut.

Berdasarkan data, pemerintah harus menggelontorkan biaya sebesar Rp 502 triliun sebagai subsidi komoditas energi, seperti BBM, listrik, dan gas.

Baca juga: Ini Fitur di Aplikasi Deteksi Dini Stunting Inovasi Mahasiswa UGM

Keputusan ini harus diambil agar tidak membebani masyarakat kelas menengah ke bawah yang baru saja dapat “bernapas” pascaperiode stagnasi dan resesi.

Karena nilai subsidi yang besar tersebut, masyarakat Indonesia diharapkan bijak menggunakan subsidi energi.

Menurut Ketua Pusat Penelitian Energi Baru dan Terbarukan Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Yuli Setyo Indartono, fluktuasi harga minyak yang tengah terjadi bukanlah kali pertama.

Butuh upaya antisipatif

Sejak 1970, setidaknya sudah ada enam kali terjadi peristiwa ketidakstabilan harga sehingga di masa depan, tidak ada yang bisa menjamin kemapanan perekonomian negara.

Oleh karena itu, dibutuhkan upaya antisipatif untuk mencegah adanya fluktuasi harga minyak berikutnya.

Dr. Yuli juga menjelaskan, transportasi merupakan sektor pengguna energi terbesar, yaitu 45,76 persen dari total konsumsi energi nasional.

Baca juga: 1.382 Maba UPN Jogja Ikut Outbound Bela Negara di Akademi Angkatan Udara

Sementara untuk sektor tersebut, bahan bakar yang sebagian besar digunakan adalah BBM, sedangkan sebagian kecilnya blending fuel (gasoil dan biodiesel).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.