Kompas.com - 20/08/2022, 10:24 WIB

KOMPAS.com - Amoxicillin sudah dikenal sejak lama sebagai antibiotik yang digunakan dalam pengobatan berbagai infeksi bakteri.

Cara kerja obat ini, adalah dengan cara menghentikan bakteri berkembang biak dan membunuh bakteri penyebab infeksi dalam tubuh.

Ada beberapa penyakit yang sering diresepkan obat antibiotik amoxicillin, seperti Bronkitis, Pneumonia, Infeksi pada THT (telinga, hidung, dan tenggorokan), termasuk sinusitis, infeksi telinga tengah (otitis media), tonsilitis, atau faringitis dan lainnya.

Baca juga: Inovasi Vaksin Covid 19, Tim UB Membuat Vaksin dari Bakteri Ini

Meski bahan dasar amoxcillin ada yang berasal dari unsur kimia, tetap aman untuk digunakan.

Berdasarkan Peta Pohon Industri (PPI) dan Bill of Materials yang disusun BPPT, hampir 90 persen bahan baku penyusun Amoxicillin berasal dari industri luar negeri.

Dimana hal tersebut mengakibatkan Indonesia menduduki peringkat ke-7 dari sepuluh besar negara pengimpor Bahan Baju Obat (BBO) pada tahun 2020.

Selain itu, kebiasaan penggunaan obat Amoxicillin yang tinggi di masyarakat memunculkan kemungkinan adanya resistensi bakteri terhadap Amoxicillin.

Baca juga: Bisa Dicoba, Abon Kulit Pisang Anti Depresi Buatan Mahasiswa ITS

Sementara, ada juga antibiotik alami inovasi 5 mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang berhasil menemukan kombinasi antibiotik dari tiga tanaman lokal yang berpotensi untuk menggantikan Amoxicillin.

Temuan yang mereka namakan Antibiotik Tri-Komoditi tersebut menggunakan tiga tanaman lokal yakni tanaman alang-alang, daun cemara pensil, dan rambut jagung.

Penelitian yang dilakukan Adilatunnisa Nur Indah Berliana dan anggota timnya yang terdiri dari Baiq Emalia Pebriatin, Yasmin Ainun Mardiyah, Moh. Adrian Barra Akbar, dan Maghfira Rahma Azizah ini dilatarbelakangi tingginya penggunaan Amoxicillin di masyarakat Indonesia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.