Kompas.com - 27/07/2021, 14:00 WIB
Deretan pohon Tabebuya yang bunganya sedang bermekaran di Jalan Sarwo Edie Wibowo atau di depan kantor Pemkot Magelang, Jumat (22/11/2019). KOMPAS.COM/IKA FITRIANADeretan pohon Tabebuya yang bunganya sedang bermekaran di Jalan Sarwo Edie Wibowo atau di depan kantor Pemkot Magelang, Jumat (22/11/2019).

KOMPAS.com - Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2018, kasus penderita kanker rongga mulut, bibir, dan tenggorokan mencapai 4,5 persen.

Kanker rongga mulut berada pada peringkat pertama dari enam keganasan yang paling sering terjadi di Asia.

Tingkat kelangsungan hidup untuk lima tahun pada penderita kanker rongga mulut sangat rendah yaitu hanya 50-60 persen.

Ciri-ciri kanker rongga mulut sendiri, dilansir dari kompas.com seperti Sariawan yang tidak sembuh-sembuh dalam beberapa minggu.

Baca juga: Permudah Dapatkan Donor Plasma Konvalesen, ITS Luncurkan PlasmaHub

Lalu ada benjolan di mulut yang tidak kunjung sembuh, dan tidak dapat dijelaskan di kelenjar getah bening di leher yang tidak kunjung sembuh.

Termasuk adanya rasa nyeri atau kesulitan menelan (disfagia), Perubahan suara atau masalah bicara,penurunan berat badan yang tidak disengaja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penderita bisa mengalami pendarahan atau mati rasa di mulut, lalu 1 atau lebih gigi yang lepas tanpa alasan yang jelas, atau soket (lubang) gigi yang tidak sembuh setelah gigi dicabut (pencabutan).

Ciri lainnya, adanya kesulitan menggerakkan rahang, bercak merah atau putih di selaput mulut, bercak merah atau bercak putih umum terjadi dan jarang merupakan tanda kanker.

Namun, saat mengalami masalah di atas, bisa saja belum masuk kategori kanker. Ada baiknya bagi siapa saja untuk menemui dokter jika mengalaminya.

Untuk pengobatan kanker rongga mulut selain menggunakan obat-obatan, juga bisa menggunakan bahan alami.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.