Kompas.com - 20/08/2022, 10:07 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.COM - Jurusan jurnalistik kini menjadi salah satu jurusan yang mengikuti kebutuhan digital.

Lulusannya memang dapat bekerja di bidang jurnalisme, tetapi kebutuhan dari profesi lain yang cocok diisi oleh lulusan jurusan ini sangat tinggi.

Prospek kerja jurusan jurnalistik tidak hanya sebatas menghasilkan berita saja, karena senantiasa menjawab tantangan zaman.

Terutama karena mengajarkan bagaimana memproduksi dan menyebarkan konten berdasarkan kenyataan dan kebenaran yang terjadi ke berbagai bentuk platform.

Baca juga: Tidak Hanya soal Jurnalistik, Jakob Oetama Pun Dinilai Berjasa dalam Dunia Pendidikan

Dilansir dari laman resmi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), terdapat 5 prospek karier seseorang yang mengambil jurusan jurnalistik selain menjadi wartawan. Apa saja? Simak daftar di bawah ini!

5 Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik Selain Wartawan

1. Spesialis Media Sosial

Spesialis media sosial menjadi salah satu karier yang paling cepat berkembang, akibat masifnya perkembangan internet.

Spesialis media sosial dipekerjakan untuk mengelola semua atau sebagian akun media sosial banyak surat kabar dan perusahaan media daring.

Hal ini dikarenakan mereka bertanggung jawab untuk meningkatkan kehadiran media sosial, meningkatkan reputasi daring, dan mengembangkan merek secara keseluruhan.

Baca juga: Managing Editor Kompas.com Bekali Wawasan Jurnalistik Generasi Muda

Setiap harinya tim spesialis media sosial membuat, mengembangkan, dan menjalankan strategi pemasaran media sosial, membuat konten baru, dan mengelola akun media sosial.

Halaman:
Sumber UMN
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.