Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Prospek Karier Jurusan Jurnalistik Selain Jadi Wartawan

Kompas.com - 20/08/2022, 10:07 WIB
Andia Christy,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

Sumber UMN

KOMPAS.COM - Jurusan jurnalistik kini menjadi salah satu jurusan yang mengikuti kebutuhan digital.

Lulusannya memang dapat bekerja di bidang jurnalisme, tetapi kebutuhan dari profesi lain yang cocok diisi oleh lulusan jurusan ini sangat tinggi.

Prospek kerja jurusan jurnalistik tidak hanya sebatas menghasilkan berita saja, karena senantiasa menjawab tantangan zaman.

Terutama karena mengajarkan bagaimana memproduksi dan menyebarkan konten berdasarkan kenyataan dan kebenaran yang terjadi ke berbagai bentuk platform.

Baca juga: Tidak Hanya soal Jurnalistik, Jakob Oetama Pun Dinilai Berjasa dalam Dunia Pendidikan

Dilansir dari laman resmi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), terdapat 5 prospek karier seseorang yang mengambil jurusan jurnalistik selain menjadi wartawan. Apa saja? Simak daftar di bawah ini!

5 Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik Selain Wartawan

1. Spesialis Media Sosial

Spesialis media sosial menjadi salah satu karier yang paling cepat berkembang, akibat masifnya perkembangan internet.

Spesialis media sosial dipekerjakan untuk mengelola semua atau sebagian akun media sosial banyak surat kabar dan perusahaan media daring.

Hal ini dikarenakan mereka bertanggung jawab untuk meningkatkan kehadiran media sosial, meningkatkan reputasi daring, dan mengembangkan merek secara keseluruhan.

Baca juga: Managing Editor Kompas.com Bekali Wawasan Jurnalistik Generasi Muda

Setiap harinya tim spesialis media sosial membuat, mengembangkan, dan menjalankan strategi pemasaran media sosial, membuat konten baru, dan mengelola akun media sosial.

Kini, program sertifikasi media sosial yang membekali jurnalis dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai spesialis media sosial juga telah disediakan banyak universitas.

2. Spesialis Hubungan Masyarakat

Posisi ini dipekerjakan oleh organisasi atau individu untuk menjaga citra publik dan berkomunikasi dengan masyarakat umum.

Spesialis hubungan masyarakat bertindak sebagai perantara antara organisasi dan media perihal membentuk kesadaran publik tentang organisasi.

Baca juga: Ingin Jadi Jurnalis? Ini Tipsnya dari Wartawan Asal Jerman

Pekerjaan ini sering mencakup penyelesaian berbagai tugas, seperti membuat siaran pers, menanggapi pertanyaan media, mengatur wawancara, membuat pidato, dan mengadakan konferensi pers.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com