Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Ajarkan Anak Bahasa Inggris sejak Dini ala Dosen UM Surabaya

Kompas.com - 19/08/2022, 13:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menurut para ahli usia menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan belajar bahasa Inggris.

Dengan begitu, belajar bahasa Inggris sejak dini diklaim lebih tinggi tingkat keberhasilannya, dibanding dimulai dari usia remaja atau dewasa.

Baca juga: Demam Berdarah Mematikan, Ini 3 Tips Hindarinya dari Dosen UM Surabaya

Walaupun demikian, belum ada ukuran usia yang pasti kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak belajar bahasa inggris.

Namun, lebih cepat mengajarkan bahasa inggris kepada anak akan lebih baik.

Untuk mengajarkan bahasa Inggris, orangtua atau guru perlu tahu beberapa tahapan perkembangan kognitif anak.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM SUrabaya, Sri Lestari menjelaskan, ada tiga tahapan yang penting untuk diperhatikan dalam mengenalkan bahasaInggris, yaitu tahap sensorimotor, pra oprasional, dan oprasional. Tahapan ini berlangsung mulai anak berusia 0-7 tahun ke atas.

Tari menjelaskan, mulai tahap sensorimotor hingga pra-oprasional usia 0-7 tahun, penting bagi orangtua atau guru mengenalkan bahasa inggris melalui benda-benda atau hal konkret yang sering mereka jumpai.

"Baru setelah tujuh tahun ke atas, anak bisa diajarkan tentang konsep yang abstrak misalnya konsep waktu dalam bahasa inggris yang tentunya sangat berbeda dengan konsep waktu dalam bahasa indonesia," ungkap dia melansir laman UM Surabaya, Jumat (19/8/2022).

Dia mengaku, dengan mempertimbangkan tahapan tersebut, orangtua atau guru dapat menentukan topik, materi, kosakata, dan media belajar apa yang tepat diberikan untuk anak-anak.

Baca juga: Mahasiswa Lakukan Perpeloncoan, Rektor Undip: Saya Langsung Drop Out

Asumsi bahwa anak-anak lebih mudah mempelajari bahasa asing juga datang dari faktor afektif mereka.

Anak-anak, bilang dia, lebih semangat belajar bahasa, dibanding orang dewasa. Karena, mereka cenderung menganggap belajar bahasa asing bukanlah ancaman.

"Dibandingkan orang dewasa, anak-anak akan cenderung lebih PD karena mereka tidak setakut orang dewasa ketika membuat kekeliruan dalam belajar bahasa," jelas dia.

4 cara ajarkan anak belajar bahasa Inggris

Setidaknya, kata dia, ada 4 cara yang digunakan untuk meningkatkan bahasa Inggris pada anak.

Pertama, kenalkan kosakata bahasa Inggris yang dekat dengan anak.

Orangtua, lanjut dia, dapat mengenalkan mereka dengan kosakata yang sering mereka jumpai dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari anggota tubuh, hewan, tumbuhan, dan sayur-sayuran, hingga tentang cuaca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com