Tidak Hanya soal Jurnalistik, Jakob Oetama Pun Dinilai Berjasa dalam Dunia Pendidikan

Kompas.com - 10/09/2020, 19:15 WIB
Ruang Cendekia Multiguna Jakob Oetama di Gedung H FISIP UI, Kampus UI Depok, yang diresmikan pada Kamis (26/9/2019). Dok. FISIP UIRuang Cendekia Multiguna Jakob Oetama di Gedung H FISIP UI, Kampus UI Depok, yang diresmikan pada Kamis (26/9/2019).
|

KOMPAS.com – Satu lagi putra terbaik bangsa Indonesia baru saja dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa, yaitu Jakob Oetama. Dia adalah Pendiri Grup Kompas Gramedia dan Pemimpin Umum Harian Kompas.

Jakob Oetama meninggal dunia dalam usia 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 WIB.

Dunia jurnalistik Tanah Air merasa kehilangan karena beliau dinilai sebagai salah satu tokoh pers nasional yang memiliki peran penting dalam perkembangan media massa di Indonesia.

Namun, sepak terjang Jakob Oetama tidak hanya di dunia pers, tetapi juga di ranah pendidikan. Hal itu terbukti dengan jasanya yang pernah menjadi dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ( FISIP UI).

Dekan FISIP UI Arie Setiabudi Soesilo menuturkan, sepak terjang Jakob Oetama juga bisa dirasakan dalam dunia pendidikan. Hal itu terlihat dari semangatnya untuk mengembangkan pendidikan atau keilmuan.

“Terbukti dengan yang ditunjukkan sebagai dosen pionir di Jurusan Ilmu Komunikasi Massa FISIP UI,” ujar Arie saat dihubungi Kompas.com, Kamis (10/9/2020).

Menurut Arie, Jakob Oetama melakukan hal itu karena kecintaannya terhadap dunia pendidikan, bukan karena penghasilan.

“Tidak ada penghasilan yang diperoleh, tetapi karena kecintaannya terhadap pendidikan maka terus dijalaninya. Melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang hebat di bidang Ilmu Jurnalistik dan Komunikasi Massa,” imbuhnya.

Dia pun berujar, tidak cukup sampai di situ, bahkan kecintaan Jakob Oetama terhadap ranah pendidikan juga dilanjutkan dengan mendirikan Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Baca juga: FISIP UI dan Kompas Gramedia Resmikan Ruang Cendekia Multiguna Jakob Oetama

Suasana Ruang Cendekia Multiguna Jakob Oetama di Gedung H FISIP UI, Kampus UI Depok.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Suasana Ruang Cendekia Multiguna Jakob Oetama di Gedung H FISIP UI, Kampus UI Depok.

Kiprah di dunia pers

Arie mengatakan bahwa Jakob Oetama melakukan kiprah yang luar biasa dan memiliki kontribusi penting sebagai tokoh pers pionir di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X