Kompas.com - 28/07/2022, 15:49 WIB

KOMPAS.com - Menjadi seorang jurnalis tidak hanya membutuhkan wawasan teori dari buku, namun juga perlu dibekali dengan insight praktis dengan para ahli.

Mendukung para insan muda Indonesia yang memiliki ketertarikan pada dunia jurnalistik, Kognisi.id by Kompas Gramedia sebagai platform kursus online menyelenggarakan workshop Jurnalisme Berkebangsaan pada 7 Juli 2022.

Difasilitasi oleh jurnalis senior yang kini aktif sebagai Managing Editor Kompas.com, Heru Margianto, workshop ini dihadiri oleh 20 peserta yang berasal dari Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Jaringan Gusdurian.

Melanjutkan dari sesi sebelumnya yang dilaksanakan pada 26 Juni lalu, sesi kali ini berfokus untuk menjawab pertanyaan peserta mengenai materi yang sudah mereka pelajari pada kursus onlineBagaimana Caranya Menulis Seperti Wartawan”.

Para peserta begitu antusias melontarkan sejumlah pertanyaan yang cukup variatif, mulai dari kesadaran penulisan, saran ketika sedang bekerja di lapangan, hingga kehadiran media independen.

Menjawab rasa penasaran para peserta, Heru Margianto memberikan penjelasan berdasarkan dari pengalaman nyata dirinya sendiri selama dua dekade berkecimpung menjadi awak media.

“Saya senang menerima pertanyaan-pertanyaan yang sangat kritis dan eksploratif untuk menggali kedalaman materi. Peserta memiliki minat terhadap topiknya dan terlihat ingin mengembangkan diri," ujar Heru Margianto.

Saya berharap materi ini mampu mengembangkan keterampilan para peserta. Mesti diingat bahwa menulis itu skill. Artinya, tidak cukup hanya ikut pelatihan. Perlu latihan terus setiap hari," tambahnya.

Ia juga menegaskan, pelatihan adalah modal untuk mengenal hal-hal apa saja yang harus dilatih setiap hari. "So, semoga setelah pelatihan ini para peserta akan terus berlatih menulis setiap hari,” pesan Heru Margianto.

Secara berkelanjutan, para peserta akan meningkatkan wawasan mereka dengan sesi ketiga workshop Jurnalisme Berkebangsaan yang akan berlangsung pada akhir bulan Juli.

Peserta dapat memilih antara dua kursus lanjutan yang disediakan, yaitu “Meniti Karier menjadi Seorang News Anchor yang Profesional” bersama News Anchor & Produser KOMPAS TV Frisca Clarissa atau “Menciptakan Konten Kreatif & Memperluas Jangkauan Bisnis melalui Blog” yang dibawakan oleh Chief Operating Officer Kompasiana Nurulloh.

Bagi Anda yang ingin mengikuti kursus online serupa juga dapat berpartisipasi melalui Kognisi.id. Terdapat lebih dari 10 kategori kursus online yang bisa Anda pilih sesuai minat dan kebutuhan. Selamat belajar!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.