Kompas.com - 27/07/2022, 09:41 WIB

KOMPAS.com - Era industri 4.0 ditambah dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, membuat persaingan dalam dunia kerja semakin ketat.

Kecakapan dalam bekerja, kemampuan adaptasi, kreativitas, pemikiran kritis, dan resiliensi dalam bekerja kini menjadi hal-hal yang dinilai perusahaan dalam merekrut karyawan. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat diasah melalui pengalaman kerja magang.

Kabar baiknya, peluang magang tak hanya terbuka bagi mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi. Magang juga terbuka bagi siswa SMA dan SMK.

Membantu siswa SMA dan SMK untuk mengasah soft skill sekaligus menambah pengalaman, Matata Edukasi Inovasi melalui platform BantuKerja.com menjodohkan siswa SMA dan SMK dengan mitra industri yang sesuai dengan keterampilan mereka.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Saat ini sudah ada 18 mitra industri dan 7.096 pengguna yang berhasil magang melalui platform tersebut.

BantuKerja.com telah bekerja sama dengan 18 sekolah yang tersebar di Indonesia, salah satunya Sekolah Cikal.

Di bulan Maret 2022, BantuKerja.com dan Sekolah Cikal memberikan kesempatan kepada siswa SMA pilihan bergabung dalam program magang online selama tiga minggu yang berfokus pada pembentukan kecakapan soft skill seperti komunikasi, kepemimpinan, manajemen, dan kreativitas.

CEO Matata Edukasi Inovasi, Tari Sandjojo mengatakan bahwa pihaknya ingin memberikan kesempatan magang untuk siswa-siswi SMK dan SMA supaya mereka bisa merasakan realita pengalaman kerja yang dinamis sedini mungkin.

“Kami ingin siswa-siswi ini ketika lulus sudah bisa membangun relasi yang profesional sekaligus mengelola ekspektasi dunia kerja yang berbeda dengan sekolah. Dengan demikian, harapannya mereka bisa berkompetisi di dunia kerja," paparnya dalam keterangan tertulis, beberapa waktu lalu.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Magang untuk Lulusan SMA-D3

Seperti cerita Disya, murid Kelas X Sekolah Cikal Serpong yang telah mengikuti program magang, mengatakan bahwa keterampilan Disya dalam berkomunikasi dan bekerja sama sangat diasah ketika magang karena dunia kerja berbeda dengan dunia sekolah.

"Saya jadi bisa belajar mengelola ekspektasi karena kerja secara virtual berbeda dengan apa yang saya bayangkan, dalam arti positif ya. Pengalaman yang sangat menyenangkan dengan perusahaannya karena saya bisa mengasah kemampuan untuk ke depannya," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.