Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Karya 12 Profesor Wanita Faterna Unand Jawab Tantangan Masa Depan

Kompas.com - 20/08/2022, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 12 profesor wanita dari Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas (Unand) menghasilkan karya buku yang kemudian dibedah secara hybrid, Kamis (18/8/2022).

Adapun buku tersebut berjudul, "Peran Guru Besar Wanita Fakultas Peternakan Universitas Andalas dalam Menunjang Pembangun Peternakan di Indonesia".

Selain itu, buku terbagi menjadi empat. Yakni Ternak Ruminansia, Ternak Unggas, Teknologi dan Industri Pakan, dan Bioteknologi Hasil Ternak.

Baca juga: Ini Fitur di Aplikasi Deteksi Dini Stunting Inovasi Mahasiswa UGM

Menurut Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, ini menjadi momentum dan motivasi bagi Profesor lain dan juga para peneliti untuk menghasilkan karya dalam bentuk buku.

"Buku ini mengambarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para Profesor wanita Faterna sebagai bentuk kinerja untuk menunjang pembangunan peternakan di Indonesia," terangnya dikutip dari laman Unand.

Tentu, buku ini bertitik tolak untuk memenuhi kebutuhan protein hewani nasional asal ternak dari hasil penelitian dan kompilasi tulisan serta gagasan baru.

Rektor Unand berharap kinerja para Guru besar ini dapat ditingkatkan dan menular serta secara dapat berkelanjutan dalam melahirkan inovasi-inovasi khususnya dibidang peternakan dan bidang lain pada umumnya yang dapat menjawab tantangan pembangunan di masa depan.

Sedang Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Dr. Ing. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, MT., mengatakan dalam hal publikasi buku Universitas Andalas terbanyak secara nasional yakni 3.200 judul buku yang dihasilkan oleh dosen-dosen.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan Deterjen Ramah Lingkungan dari Bahan Ini

"Semangat kita semua dosen-dosen Universitas Andalas agar hasil karya pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan inovasi selalu dipublikasikan tidak hanya dalam bentuk jurnal proseding tetapi juga dalam bentuk buku," terangnya.

Terpenting, ini akan menambah jumlah karya buku di Univesitas Andalas dan akan bermanfaat bagi masyarakat, dunia usaha dan dunia industri, serta juga akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam pengambilan keputusan.

Adapun 12 guru besar wanita tersebut yakni:

1. Prof. Dr. Ir. Arnim, M.S.

2. Prof. Dr. Ir. Zaituni Udin, M.Sc.

3. Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, M.S.

4. Prof. Dr. Ir. Mardiati Zain, M.S.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com