Kompas.com - 20/08/2022, 07:07 WIB
|

KOMPAS.com - Sebanyak 12 profesor wanita dari Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas (Unand) menghasilkan karya buku yang kemudian dibedah secara hybrid, Kamis (18/8/2022).

Adapun buku tersebut berjudul, "Peran Guru Besar Wanita Fakultas Peternakan Universitas Andalas dalam Menunjang Pembangun Peternakan di Indonesia".

Selain itu, buku terbagi menjadi empat. Yakni Ternak Ruminansia, Ternak Unggas, Teknologi dan Industri Pakan, dan Bioteknologi Hasil Ternak.

Baca juga: Ini Fitur di Aplikasi Deteksi Dini Stunting Inovasi Mahasiswa UGM

Menurut Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, ini menjadi momentum dan motivasi bagi Profesor lain dan juga para peneliti untuk menghasilkan karya dalam bentuk buku.

"Buku ini mengambarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para Profesor wanita Faterna sebagai bentuk kinerja untuk menunjang pembangunan peternakan di Indonesia," terangnya dikutip dari laman Unand.

Tentu, buku ini bertitik tolak untuk memenuhi kebutuhan protein hewani nasional asal ternak dari hasil penelitian dan kompilasi tulisan serta gagasan baru.

Rektor Unand berharap kinerja para Guru besar ini dapat ditingkatkan dan menular serta secara dapat berkelanjutan dalam melahirkan inovasi-inovasi khususnya dibidang peternakan dan bidang lain pada umumnya yang dapat menjawab tantangan pembangunan di masa depan.

Sedang Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Dr. Ing. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, MT., mengatakan dalam hal publikasi buku Universitas Andalas terbanyak secara nasional yakni 3.200 judul buku yang dihasilkan oleh dosen-dosen.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan Deterjen Ramah Lingkungan dari Bahan Ini

"Semangat kita semua dosen-dosen Universitas Andalas agar hasil karya pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan inovasi selalu dipublikasikan tidak hanya dalam bentuk jurnal proseding tetapi juga dalam bentuk buku," terangnya.

Terpenting, ini akan menambah jumlah karya buku di Univesitas Andalas dan akan bermanfaat bagi masyarakat, dunia usaha dan dunia industri, serta juga akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam pengambilan keputusan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.