Kompas.com - 19/08/2022, 10:47 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini, stunting masih menjadi isu bagi masyarakat Indonesia. Karenanya, orangtua harus selalu menjaga dan merawat anaknya dengan baik.

Untuk memudahkan orangtua tahu riwayat kesehatan anaknya, maka mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan aplikasi untuk mendeteksi dini stunting.

Adapun aplikasi hasil inovasi mahasiswa UGM yang diberi nama STUNTECH itu dibuat oleh Putri Rahmadyani Condroasih (FKKMK), Roihatul Jannah (SV), M. Fahru Rozi (SV), Kevin Agusto Sastramiharja (SV), dan Nur Ismail Rizkyawan (FT).

Baca juga: Akademisi UGM: Dokter Forensik di Indonesia Tak Sampai 300 Orang

Aplikasi itu dibuat melalui Program Kreativitas Mahasiwa Bidang Karsa Cipta (PKM-KC) UGM dan memperoleh sumber dana dari Kemendibud Ristek.

Menurut Putri, awal pengembangan aplikasi STUNTECH berawal dari akan tingginya prevalensi stunting di tanah air.

Ditambah dengan beragam masalah gizi pada anak lainnya yang dapat memberikan dampak signifikan dan serius terhadap kesehatan masyarakat.

"Oleh sebab itu, kami memandang perlu pengembangan teknologi berupa aplikasi dan website yang menghimpun data pemeriksaan antropometri anak," ujarnya dikutip dari laman UGM, Kamis (18/8/2022).

Tentunya, aplikasi itu untuk mendeteksi dini stunting dan menyediakan all-in-one platform bagi penderita stunting yang aksesibel.

Dikatakan, persoalan stunting perlu menjadi perhatian bersama. Sebab, stunting pada anak dapat berhubungan dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit pada anak hingga kematian.

Baca juga: Dibuka 1.850 Kuota KIP Kuliah bagi Mahasiswa UGM 2022, Ini Cara Daftarnya

Melalui pengembangan STUNTECH diharapkan dapat memberikan laporan atau peringatan dini apabila terdapat indikasi stunting.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.