Kompas.com - 17/08/2022, 21:17 WIB
|

KOMPAS.com - Deterjen yang umum digunakan untuk usaha laundry kurang ramah dengan lingkungan. Bahkan ada yang membuat iritasi pada kulit.

Karena itu, lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menciptakan produk inovatif berupa deterjen ramah lingkungan.

Adapun bahan yang dipakai ialah dari cangkang Kerang Lokan yang memiliki formulasi 9 in 1 untuk mengatasi permasalahan saat mencuci pakaian.

Produk deterjen tersebut diberi nama TemanBumi, nama ini dipilih sebagai bentuk rasa kepedulian untuk menjaga Bumi layaknya jalinan pertemanan.

Baca juga: Ini Deterjen Ramah Lingkungan Inovasi Mahasiswa UGM

Tim mahasiswa UB tersebut terdiri dari Roofi Cahyaningtyas, Mayza Nur Sabilla, Tarisa Putri Lukiyanto (Budidaya Perairan), Aldi Surya Alamsyah (Teknologi Hasil Perikanan), dan Muhammad Nazri Adlani (Fisika).

"Ide pembuatan deterjen ini bermula karena menjamurnya usaha laundry di daerah yang terdapat kos-kosan dan kontrakan yang menyebabkan meningkatnya permintaan detergen dipasaran," ujar salah satu anggota Roofi seperti dikutip dari laman UB, Selasa (16/8/2022).

Tentunya, karena semakin banyaknya usaha laundry tersebut maka banyak pelaku usaha yang langsung membuang limbah deterjen ke badan air sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada 2017 menetapkan (SNI) baru, agar hanya produk deterjen ramah lingkungan yang beredar di Indonesia.

"Hal inilah yang menjadikan peluang untuk kami menciptakan deterjen TemanBumi," terangnya.

Baca juga: Mahasiswa Unair Inovasi Deodoran Spray Alami dari Bahan Ini

Bahan dari cangkang kerang lokan

Dijelaskan, deterjen ini terbuat dari ekstrasi cangkang kerang lokan yang dipadukan dengan bahan lainnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.