Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurusan Fisioterapi UPN Veteran Jakarta Gelar Pengabdian Masyarakat di Indramayu

Kompas.com - 14/08/2022, 18:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Pembangunan Nasional atau UPN Veteran Jakarta melalui Jurusan Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan menggelar pengabdian masyarakat (pengmas) di Desa Rajaiyang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pengmas bertajuk "Percepatan Pembangunan Desa Rajaiyang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu pada Inovasi Bidang Kesehatan" ini bertujuan mewujudkan desa cerdas di Indonesia sebagi bagian dari Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Agustiyawan dan didampingi Heri Wibisono, Purnamadyawati, Fidyatul Nazhira, dan para mahasiswa jurusan fisioterapi sebagai anggota. 

Melalui rilis resmi (13/8/2022) Agustiyawan menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim dosen dan mahasiswa mendukung program pemerintah untuk SDGs dengan pemanfaatan teknologi digital dalam bentuk website kesehatan ibu dan anak.

"Harapan dengan terselenggaranya kegiatan ini adalah masyarakat menjadi terbiasa dan bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital sepagai upaya memantau kondisi kesehatan diri dan keluarga," ungkap Agustiyawan.

Tersedianya website untuk kesehatan ibu dan anak diharapkan juga dapat menjawab kebutuhan warga desa Rajaiyang dalam mewujudkan desa cerdas.

“Kegiatan ini dimulai dengan identifikasi dan pemetaan potensi desa, perencanaan program dan kegiatan pengembangan desa cerdas, FGD, workshop dan lain,” jelas Agustiyawan.

“Semoga dengan kegiatan abdimas (pengabdian masyarakat) ini dapat terwujudnya desa cerdas di desa Rajaiyang serta dapat terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) terutama bidang kesehatan,” tambah Agustiyawan.

Baca juga: Pascasarjana UNJ Gelar Pengabdian Masyarakat Perkuat Literasi Digital Guru

Agustiyawan juga menyampaikan, pengabdian masyarakat ini merupakan wujud komitmen jurusan fisioterapi untuk mendukung program pemerintah, universitas, fakultas dalam upaya desa cerdas. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terwujud atas kerjasama UPN Veteran Jakarta melalui Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) dan Pemerintah Daerah Indramayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com