Kompas.com - 14/08/2022, 18:47 WIB

KOMPAS.com - Universitas Pembangunan Nasional atau UPN Veteran Jakarta melalui Jurusan Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan menggelar pengabdian masyarakat (pengmas) di Desa Rajaiyang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pengmas bertajuk "Percepatan Pembangunan Desa Rajaiyang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu pada Inovasi Bidang Kesehatan" ini bertujuan mewujudkan desa cerdas di Indonesia sebagi bagian dari Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Agustiyawan dan didampingi Heri Wibisono, Purnamadyawati, Fidyatul Nazhira, dan para mahasiswa jurusan fisioterapi sebagai anggota. 

Melalui rilis resmi (13/8/2022) Agustiyawan menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim dosen dan mahasiswa mendukung program pemerintah untuk SDGs dengan pemanfaatan teknologi digital dalam bentuk website kesehatan ibu dan anak.

"Harapan dengan terselenggaranya kegiatan ini adalah masyarakat menjadi terbiasa dan bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital sepagai upaya memantau kondisi kesehatan diri dan keluarga," ungkap Agustiyawan.

Tersedianya website untuk kesehatan ibu dan anak diharapkan juga dapat menjawab kebutuhan warga desa Rajaiyang dalam mewujudkan desa cerdas.

“Kegiatan ini dimulai dengan identifikasi dan pemetaan potensi desa, perencanaan program dan kegiatan pengembangan desa cerdas, FGD, workshop dan lain,” jelas Agustiyawan.

“Semoga dengan kegiatan abdimas (pengabdian masyarakat) ini dapat terwujudnya desa cerdas di desa Rajaiyang serta dapat terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) terutama bidang kesehatan,” tambah Agustiyawan.

Baca juga: Pascasarjana UNJ Gelar Pengabdian Masyarakat Perkuat Literasi Digital Guru

Agustiyawan juga menyampaikan, pengabdian masyarakat ini merupakan wujud komitmen jurusan fisioterapi untuk mendukung program pemerintah, universitas, fakultas dalam upaya desa cerdas. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terwujud atas kerjasama UPN Veteran Jakarta melalui Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) dan Pemerintah Daerah Indramayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.