Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UT Perkuat Literasi Digital Guru Tangsel lewat Pengabdian Masyarakat

Kompas.com - 16/06/2022, 21:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP-UT) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan.

Pembukaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertajuk "Peningkatan Literasi dan Kemampuan Digital Menuju Kota Tangerang Selatan yang Cerdas dan Modern untuk penyelenggaraan tahun ke Il" dilaksanakan secara hibrid pada Kamis, 16 Juni 2022.

Dalam sambutan, Dekan Fakultas Keguruan dan Pendidikan (FKIP) UT, Ucu Rahayu menyampaikan kegiatan ini merupakan tahun kedua dari rencana yang akan dilaksanakan selama tiga tahun.

"Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pembelajaran online bagi para guru serta meningkatkan literasi melalui pemanfaatan sumber belajar digital, virtual book dan big book," ungkap Ucu Rahayu.

Lebih jauh Dekan FKIP UT menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat akan dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa UT dari enam jurusan, yakni: pendidikan matematika dan pengetahuan alam, pendidikan bahasa dan seni, pendidikan dasar, pendidikan ilmu pengetahuan sosial, dan magister ilmu pendidikan.

"Pengabdian masyarakat akan diselenggarakan bulan Juni sampai dengan Agustus 2022, baik secara luring dan daring," tambah Ucu Rahayu.

Dalam kesempatan sama, Rahmat Budiman, Warek Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama menyampaikan, perkembangan teknologi yang pesat perlu diimbangi dengan penguatan literasi digital.

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membekali para guru dengan kemampuan literasi digital. Menyikapi fenomena ini, FKIP UT menghadirkan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk upaya nyata yang mendukung dan menggiatkan literasi digital, khususnya bagi para guru PAUD, SD, SMP dan SMA," paparnya.

Baca juga: Mainan Edukasi PAUD di Sikka Masih Kurang, Guru Manfaatkan Bahan Lokal

Kompetensi literasi digital

Asisten Administrasi Umum Daerah Kota Tangerang Selatan, Taryono menyambut positif kerja sama pengabdian masyarakat antara UT dan Kota Tangsel dalam penguatan literasi digital bagi para guru.

"Di era saat ini, minimal kemampuan yang dimiliki guru adalah literasi digital dengan demikian akan lebih mudah dalam pengajaran di sekolah yang ujungnya adalah peningkatan kualitas pendidikan," papar Taryono.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com