Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascasarjana UNJ Gelar Pengabdian Masyarakat Perkuat Literasi Digital Guru

Kompas.com - 24/06/2022, 20:51 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menguatkan literasi digital, khususnya bagi garda depan pendidikan yakni para guru.

Pengabdian masyarakat “Pelatihan Digital Citizenship untuk Meningkatkan Kesadaran Berkonstitusi bagi Guru PPKN SMP DKI Jakarta” digelar pada Kamis, 23 Juni 2022.

Kegiatan menghadirkan tiga pembicara yakni:

  • Prof. Japar dengan paparan "Membangun Kesadaran Berkonstitusi di Era Digital"
  • Ade Dwi Utami dengan paparan "Digital Citizenship Ditinjau dari Aspek Psikologis"
  • Asep Rudi Casmana dengan paparan "Etika dan Norma dalam Digital Citizenship"

Dalam penguatan literasi digital tersebut mengemuka, penggunaan teknologi digital yang masif di masyarakat membuat setiap aspek menjadi terdigitalisasi.

Kegiatan berkomunikasi, berkirim surat, berbelanja, bekerja bahkan belajar, secara gradual sudah beralih pada sistem online. Fenomena ini mengerucut pada istilah “Warga Digital” yang secara populer dikenal sebagai netizen.

Di tengah gempuran hoaks, warga digital diharapkan mampu memanfaatkan media digital sebaik mungkin, misalnya dengan menyebarkan informasi fakta yang berkualitas dan berguna.

Pendidikan kewarganegaraan dinilai sangat penting sebagai sarana yang kredibel dan strategis dalam menginternalisasi kesadaran berkonstitusi, sebab salah satu misinya adalah menjadi wahana pendidikan politik bagi siswa untuk memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara sesuai amanat konstitusi.

Baca juga: UT Perkuat Literasi Digital Guru Tangsel lewat Pengabdian Masyarakat

Prof. Japar, Ketua Pelaksana dan Guru Besar Teknologi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UNJ mengatakan, secara etika, peran warga digital yaitu menciptakan dunia digital yang bertanggung jawab dan senafas dengan konstitusi maupun undang-undang yang berlaku.

Dalam kesempatan sama, Prof. Dedi Purwana, Direktur Pascasarjana UNJ mengatakan, “Pascasarjana tidak ingin menjadi menara gading yang tidak menyentuh persoalan masyarakat, tetapi ingin berkontribusi bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com