Kompas.com - 12/08/2022, 14:47 WIB
|

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19 ini, kesehatan menjadi sesuatu yang sangat penting. Tak hanya tubuh sehat, tetapi jiwa juga harus sehat.

Bahkan saat berhubungan sosial, masyarakat juga harus bisa menjaga baik hubungan sosial dengan siapa saja, termasuk para remaja.

Jangan sampai para remaja mengalami toxic relationship atau hubungan yang tidak sehat dan berdampak pada diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga: Dukung PTM Terbatas, Stikes Santo Borromeus Gelar Vaksinasi Pelajar Se-Bandung Raya

Toxic relationship dapat memicu terganggunya kondisi kesehatan jiwa remaja. Karenanya, remaja membutuhkan peningkatan pengetahuan tentang toxic relationship.

Hal inilah yang mendorong Tina Shinta dan Susanti Niman, Dosen Program Studi Sarjana Keperawatan Stikes Santo Borromeus, untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

Pentingnya pendidikan kesehatan jiwa bagi remaja

Menurut Susanti Niman, perawat harus berperan melakukan pendidikan kesehatan jiwa pada remaja agar dapat memahami dan mencegah hubungan interpersonal yang toksik.

Selain itu, toxic relationship bisa terjadi pada siapa saja, tidak memandang jenis kelamin maupun usia.

"Toxic relationship bisa terjadi di keluarga, pasangan menikah maupun pacaran, antar teman, rekan kerja dan lain sebagainya," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/8/2022).

Dikatakan, kini toxic relationship menjadi permasalahan yang trend karena masa remaja adalah masa mencari jati diri. Banyak tata cara komunikasi terabaikan sehingga sering melukai orang lain.

Baca juga: Ners Unair: 6 Vitamin untuk Kulit agar Sehat Berikut Jenis Makanannya

Adapun kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam mewujudkan hubungan interpersonal yang sehat serta mencegah hubungan interpersonal yang toksik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.