Kompas.com - 12/08/2022, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) masuk dalam peringkat ke-22 kampus Islam sedunia versi 4ICU, direktori yang melakukan pemeringkatan kepopuleran sebuah universitas dilihat dari sisi website resmi universitas.

Peringkat ini menempatkan Uhamka masuk dalam peringkat tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Asiyiyah atau peringkat 33 tingkat perguruan tinggi seluruh Indonesia versi 4 Internasional College & Universities (4ICU) UniRank 2022 yang telah diumumkan Agustus 2022 melalui website resmi 4ICU.org.

Sebagai informasi 4ICU UniRank merupakan lembaga pemeringkatan resmi perguruan tinggi sedunia yang berpusat di Australia. Terdata sebanyak 582 perguruan tinggi yang telah terdaftar 4ICU di tahun 2022 saat ini.

Ada tiga kriteria penting sebuah universitas dapat masuk dalam pemeringkatan 4ICU yakni: Terakreditasi badan akreditasi nasional (dalam konteks Indonesia terdaftar di Kemendikbud Ristek), menyediakan pendidikan tingkat S1 atau pascasarjana, serta menerapkan sistem pendidikan secara langsung (bukan universitas terbuka).

Sedangkan untuk indikator penilaian 4ICU menggunakan uniRank University Ranking yang sudah terdaftar sebagai Global University Ranking oleh IREG Observatory on Academic Ranking and Excellence.

Sistem algoritma yang digunakan berdasarkan pada 5 website netral dan independen yang diekstraksi, yakni Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majestic Trust Flow.

Baca juga: Peringkat Melesat, 3 PTN Masuk Top 300 Dunia di QS WUR 2023

 

Visi Prophetic Entrepreneurial University

Dikutip dari rilis resmi (12/8/2022), peringkat ke-33 tahun 2022 ini merupakan peningkatan yang signifikan bagi Uhamka jika dibandingkan tahun 2021 di mana Uhamka menempati posisi ke-99 perguruan tinggi Indonesia.

Rektor Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian kenaikan peringkat terbaru Uhamka versi 4ICU 2022.

“Alhamdulillah, kami bersyukur alhamdulillah atas signifikan pemerolehan ini. Bahwasanya, Uhamka telah memperoleh peringkat ke-22 Kampus Islami Sedunia, peringkat 3 PTMA, dan 33 Perguruan Tinggi Indonesia dari 582 Perguruan Tinggi yang telah terdaftar di tahun 2022 saat ini versi 4ICU," ujar Prof. Gunawan.

"Selain 4ICU, kemarin kami (Uhamka) telah meraih hasil membanggakan di pemeringkatan webometrics," tambah Prof. Gunawan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.