Kompas.com - 12/08/2022, 14:35 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebanyak 12.420 mahasiswa yang berasal dari 479 perguruan tinggi akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua di 138 perguruan tinggi penerima di seluruh Indonesia.

Para mahasiswa akan menjalani perkuliahan di perguruan tinggi penerima selama satu semester, yaitu pada bulan Agustus hingga Desember 2022.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini Penyebab dan Gejala Stroke pada Usia Muda

Setelah itu, mahasiswa yang menjalani memperoleh pengakuan satuan kredit semester (SKS) hingga 20 SKS.

"Satu semester bukan waktu yang lama, tapi saya yakin jika adik-adik mahasiswa bisa mengoptimalkan waktu itu untuk memperoleh banyak hal yang akan memperkaya pengalaman dan sekaligus membangun portofolio," kata Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, Sri Gunani Partiwi dalam keterangannya, Jumat (12/8/2022).

Dia menyebut, program PMM merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar perguruan tinggi asal mereka.

Melalui program ini, kata dia, mahasiswa dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, dan solidaritas melalui pembelajaran antarbudaya, serta mengembangkan kompetensi dan kepemimpinan.

Dia mengaku, animo mahasiswa untuk mengikuti PMM 2 cukup tinggi, terbukti dari jumlah pendaftar yang mencapai angka 35.107 mahasiswa dari 479 perguruan tinggi Indonesia.

Mahasiswa peserta PMM 2 dipilih melalui serangkaian proses seleksi yang dilangsungkan pada bulan Juni dan Juli lalu.

Keberangkatan para peserta program PMM, lanjut dia, akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Ramai soal Berita Mahasiswa Baru Dijemur Saat Ospek, Ini Jawaban Untirta`

Di mana kloter pertama telah dilakukan pada 4 Agustus 2022 dengan tujuan Universitas Sriwijaya (Unsri).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.