Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Muda Harus Diajarkan Memimpin Sejak Dini

Kompas.com - 09/08/2022, 16:24 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Semua orang berhak memimpin suatu kelompok hingga negara. Oleh karena itu, nilai kepemimpinan harus ditularkan sejak dini oleh generasi muda, agar mereka menjadi generasi penerus kepemimpinan Indonesia.

CEO Pemimpin.id, Dharmaji Suradika mengatakan, semua orang adalah pemimpin dan bisa dipelajari oleh semua orang untuk memimpin.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

Kepemimpinan itu, kata dia, bukan hanya tentang memimpin organisasi, melainkan kepemimpinan adalah kemampuan yang masuk dalam diri kita.

"Yakni, kemampuan untuk berkata tidak, kemampuan untuk tidak insecure, dan kepemimpinan yang ada dalam jiwa," ucap dia dalam keterangannya, Selasa (9/8/2022).

Maka dari itu, Lead The Fest 2022 mengusung 3 topik utama, yaitu ekosistem kepemimpinan, nilai kepemimpinan, dan pemberdayaan anak muda yang dapat menjadi generasi penerus kepemimpinan Indonesia.

"3 topik utama itu sesuai dengan tema Lead The Fest 2022, yakni Lead Better, Rise Stronger," jelas dia.

Nantinya, sebut dia, selain membawa figur pemimpin negara dan sektor privat, ajang ini juga mengundang kepala suku di beberapa wilayah Indonesia.

Baca juga: Psikolog UGM: Ini 5 Macam Pola Pengasuhan Anak dalam Keluarga

Langkah ini akan menjadi suatu terobosan baru di Indonesia, agar bisa belajar kepemimpinan di banyak lini.

Board of Advisor Pemimpin.id, Ivan Ahda menyatakan, dirinya akan mendorong penguatan ekosistem kepemimpinan Indonesia.

Lewat Lead The Fest 2022, pihaknya akan melakukan berbagai praktik kepemimpinan di berbagai sektor, agar bisa bangkit secara bersama-sama.

Ajang Lead The Fest 2022 akan berlangsung pada 9-16 Agustus 2022.

Puncak acaranya jatuh pada hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2022.

Rencananya ajang ini akan dihadiri puluhan pembicara inspiratif yang tergabung dalam komunitas penggerak kebaikan di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Baca juga: Kasus Meme Stupa Roy Suryo, Pakar Unair: Kebebasan Berekspresi yang Lewat Batas

Pembicara yang hadir di Lead The Fest 2022, antara lain CEO PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat, Founder Tinung Rambu Dr. Eng. Stephanie Saing, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com