Kompas.com - 07/08/2022, 13:27 WIB

KOMPAS.com - Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk membantu mahasiswa berprestasi melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Agar penerima manfaat KIP Kuliah ini tepat sasaran, calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan KIP Kuliah akan melalui proses verifikasi dan validasi.

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketepatan sasaran penerima KIP kuliah Merdeka tahun 2022.

Sehingga pengelola maupun operator KIP Kuliah di masing-masing perguruan tinggi harus selektif dalam menetapkan calon penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Diskresi SKB 4 Menteri, Ini Aturan PTM Terbaru Jika Ada Positif Covid-19

Penetapan mahasiswa penerima KIP Kuliah harus selektif

Sub Koordinator KIP Kuliah Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek Muni Ika mengatakan, pemerintah memprioritaskan sasaran penerima KIP Kuliah sesuai petunjuk pelaksanaan yang sudah dietapkan, dalam hal ini Puslapdik.

Hal ini disampaikan Muni Ika pada kegiatan Pendampingan Pengelolaan KIP Kuliah Merdeka yang digelar secara luring di Auditorium Universitas Yapis (UNIAP) Papua.

Kegiatan yang dihadiri oleh 56 perguruan tinggi swasta di Papua dan Papua Barat itu difasilitasi oleh LLDikti Wilayah XIV.

"Perguruan tinggi juga harus secara berkala melakukan pembinaan kepada mahasiwa penerima KIP Kuliah agar tidak ada penerima yang putus kuliah di tengah jalan karena tidak memenuhi standar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang ditetapkan masing-masing perguruan tinggi atau karena sebab lain," urai Muni Ika seperti dikutip dari laman Puslapdik Kemendikbud Ristek, Minggu (7/8/2022).

Baca juga: 9 Kampus dengan Bidang Kedokteran Terbaik di Indonesia

Jumlah sasaran penerima KIP Kuliah tidak berkurang

Dia menambahkan, pembinaan berkala ini bertujuan agar jumlah sasaran penerima KIP Kuliah tidak berkurang. Tapi sesuai dengan penetapan di awal tahun akademik.

Muni Ika mengapresiasi para pengelola dan operator KIP Kuliah yang telah hadir secara langsung di Universitas Yapis.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.