Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 6 Tips Jadi Mahasiswa Produktif dari Dosen UM Surabaya

Kompas.com - 07/08/2022, 06:05 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa baru tentu tidak sabar memulai masa perkuliahan di tahun ajaran baru ini. Perlu kamu tahu bahwa masa perkuliahan tentu berbeda dengan masa sekolah.

Akan ada banyak tugas dan kegiatan di luar perkuliahan yang diikuti. Berbagai kegiatan positif yang diikuti ini bisa membuatmu menjadi mahasiswa yang produktif.

Namun di sisi lain, tidak menutup kemungkinan banyaknya kegiatan ini, membuat seorang mahasiswa justru lelah atau bahkan mengalami kondisi burnout.

Ada beberapa cara agar kamu bisa menjadi seorang mahasiswa yang produktif. Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Waode Hamsia membagikan beberapa tips agar menjadi mahasiswa baru produktif namun tidak mengalami kondisi burnout.

Berikut tips dari dosen UM Surabaya agar bisa menjadi mahasiswa produktif dan bisa mendapatkan modal untuk menapaki dunia kerja di masa yang akan datang:

Baca juga: Lowongan Kerja Novell Pharmaceutical bagi Lulusan S1/S2, Cek Infonya

Tips jadi mahasiswa produktif

1. Manajemen waktu

Menurut Waode, kesuksesan seorang mahasiswa di kampus bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari sistem perkuliahan, budaya mengajar, dosen, lingkungan, keluarga dan yang paling penting diri sendiri.

"Pertama adalah manajemen waktu. Mahasiswa harus sadar pentingnya manajemen waktu. Jika tidak dipahami betul-betul bisa menjadi masalah karena mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan baru," terang Waode seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Sabtu (6/8/2022).

2. Membuat to-do-list

Waode menerangkan, tips lain agar bisa menjadi seorang mahasiswa produktif yakni seorang mahasiswa baru perlu membuat to-do-list terkait agenda-agenda yang akan dilakukan secara terstruktur.

Hal ini bertujuan agar tidak berbenturan dengan jadwal lain. Sehingga mahasiswa dapat melaksanakan tugas dan kegiatan lain dengan kondisi optimal.

3. Atur waktu istirahat

Tips menjadi mahasiswa produktif yang ketiga adalah mengatur waktu istirahat. Menurut Waode kebiasaan dari kebanyakan mahasiswa adalah waktu tidur yang terlalu malam.

Baca juga: Beasiswa S1 The University of Hong Kong, Raih Uang Kuliah-Tunjangan Hidup

Sebaiknya kebiasaan dalam bangun pagi harus tetap terjaga. Karena dengan bangun pagi, mahasiswa memiliki waktu yang cukup untuk mandi, sarapan dan bersiap-siap berangkat ke kampus.

"Dengan mengatur waktu istirahat, dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan produktivitas sebagai mahasiswa," terang Waode.

4. Rencanakan waktu pengerjaan tugas

Tips lain dari dosen UM Surabaya ini agar menjadi seorang mahasiswa produktif yakni dengan merencanakan waktu pengerjaan tugas.

Sebagai mahasiswa produktif, seseorang bisa memilah tugas yang bisa dikerjakan terlebih dahulu agar tidak menjadi mahasiswa yang punya kebiasaan mengerjakan tugas mendekati tenggat waktu.

"Jika mengerjakan tugas dengan waktu yang mendadak, biasanya akan ada saja permasalahan yang muncul. Seperti, gagal meng-upload tugas, printer bermasalah, dan lainnya. Merencanakan waktu pengerjaan tugas bertujuan agar dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya," papar dia.

Baca juga: Dosen Unpad Jelaskan Manfaat Sorgum, Cocok bagi Penderita Autisme

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com