Kompas.com - 07/08/2022, 10:19 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi kamu lulusan SMA/SMK hingga fresh graduate, mencari kerja memang memiliki kesulitan tersendiri karena kurangnya pengalaman kerja.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan tips untuk bisa tahu kiat jitu mencari kerja sehingga memikat HRD. Seperti apa itu?

Artikel ini akan membantu memahami beberapa tips tersebut. Yuk, langsung saja disimak hingga akhir!

Tips cari kerja

Adapun tips cari kerja pasti kamu butuhkan sebagai bekal awal proses mendapatkan pekerjaan. Terlebih jika kamu belum memiliki pengalaman kerja dan ini merupakan pengalaman pertama mencari kerja.

Baca juga: 10 Cara Membuat Lamaran Kerja via Email yang Benar

Berikut adalah 11 tips yang bisa kamu ikuti:

1. Cari informasi dari alumni yang sudah bekerja

Banyak yang bilang jika seberapa keras kita mencari pekerjaan, akan kalah dari pelamar yang memiliki orang dalam. Namun, benarkah orang dalam berpengaruh senegatif itu?

Orang dalam akan berpengaruh negatif jika pelamar tidak memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan, tetapi tetap diterima. Namun, jika kamu mendapatkan info loker dari kenalan, seperti alumni yang bekerja di perusahaan tersebut, tetapi kamu tetap mengikuti alur seleksi seperti pada umumnya, itu tidak salah, kan?

Jadi, pastikan kamu memiliki relasi yang luas ya sehingga bisa mendapatkan info loker dari banyak orang.

2. Ikuti Job Fair

Mengikuti job fair menjadi keunggulan tersendiri dalam mencari pekerjaan. Selain bisa mendapatkan banyak info loker, di job fair juga bisa langsung bertemu dengan manager HRD sehingga bisa sekaligus belajar lebih dalam tentang tips melamar kerja yang baik.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

3. Ikuti Walk in Interview

Walk in interview bisa berguna untuk kamu yang sedang mencari kerja. Sebab, walk in interview bisa dengan mudah membuatmu tahu informasi seleksi dengan cepat. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk menunggu dipanggil wawancara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.