Kompas.com - 07/08/2022, 09:07 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu lulusan SMK, Rahma Agustina Kusmaningrum coba melawan stigma bahwa perempuan setelah lulus sekolah langsung menikah.

Bahkan dia juga tak mau dikatakan bahwa perempuan tak bisa berkecimpung di dunia teknologi. Stereotip itu juga coba dia hilangkan.

Sebab, kini Rahma berhasil menjadi seorang iOS developer di salah satu perusahaan pembuat software, yakni Clappingape di Jakarta.

Baca juga: Ini Fungsi dan Bagian-bagian Telinga, Siswa Sudah Paham?

Hal itu bermula ketika saat lulus MTs, Rahma kemudian melanjutkan sekolah di SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus, Jawa Tengah.

Di Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ini, Rahma tercatat sebagai salah satu dari 8 perempuan dalam kelas yang memiliki total 25 siswa tersebut.

"Banyak di kampung saya itu anak-anak yang diharuskan untuk menikah. Kita sebagai perempuan harus mandiri juga independen," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (4/8/2022).

"Karena kita tidak tahu ada masalah apa ke depannya yang membuat kita harus stand up sendiri," tutur Rahma.

Awalnya tak didukung orangtua

Rahma menceritakan bahwa dia awalnya tidak mendapat izin orangtuanya untuk melanjutkan karier di Jakarta lantaran kekhawatiran orangtua akan kondisi Rahma sebagai perempuan yang merantau di kota yang terkenal dengan kehidupan yang keras.

Baca juga: Siswa, Ini 10 Makanan Sumber Protein

"Dulu sempat cekcok sama orang tua itu kamu nanti gimana di sana, kalau sakit sendirian. Akan tetapi, setelah diyakini bekerja di Jakarta itu nggak seseram yang dibayangkan akhirnya dibolehkan dan didukung sampai sekarang," terang Rahma.

Ternyata, dia tertantang menekuni dunia teknologi setelah dirinya diberi kesempatan oleh pihak sekolah melakukan workshop di perusahaan-perusahaan dunia yang ada di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.