Kompas.com - 07/08/2022, 07:59 WIB

KOMPAS.com – Indonesia punya satu siswa berprestasi yang wajib diberi acungan jempol.

Wilbert Thamrin, siswa SMA Saint Peter Kelapa Gading Jakarta berhasil meraih juara dua dalam ajang Olimpiade Bahasa Jerman Internasional 2022 pada level bahasa B2 (tingkat lanjut) yang digelar di Hamburg, Jerman, 25 Juli-5 Agustus 2022.

Sementara juara pertama pada level ini diperoleh Teodora Smîntanc?-Strugariu (Romania) dan juara ketiga oleh Tekla Mkheidze (Georgia).

Olimpiade dua tahunan ini diikuti 107 pelajar tingkat SMA berusia 14-17 tahun dari 56 negara.

Baca juga: Tim Robotika ITS Raih Juara di Ajang Robotika Dunia 2022

Kompetisi ini diselenggarakan Goethe-Institut bekerja sama dengan Asosiasi Guru Bahasa Jerman Internasional dan melombakan tiga level bahasa Jerman yakni A2, B1, serta B2.

Selain diuji keterampilan berbahasa Jerman, para peserta juga dinilai dari kompetensi komunikasi antarbudaya dan kerja tim di tingkat internasional, kreativitas, hingga kemampuan improvisasi.

Dua dari tiga tugas dalam kompetisi ini dilakukan secara berkelompok. Per kelompok, diisi tiga hingga empat orang.

Wilbert sendiri bercerita bahwa ia tiba di Hamburg sejak 3 Juli 2022 dan mengikuti kursus bahasa Jerman di Goethe-Institut Hamburg selama tiga minggu.

Pada 26 Juli, setelah mengikuti salah satu
kegiatan workshop Olimpiade Bahasa Jerman Internasional ia dinyatakan positif Covid-19 dan baru negatif satu hari sebelum kompetisi dimulai.

Baca juga: 5 Perbedaan Cerdas dan Pintar, Kamu yang Mana?

Dampaknya, siswa berusia 16 tahun ini harus menjalani isolasi mandiri di hotel dan ketinggalan beberapa rangkaian workshop persiapan menjelang perlombaan. Termasuk tidak mendapat kelompok untuk kompetisi bagian presentasi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.