Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascasarjana UNJ dan Monash University Perkuat Pedagogi Guru PAUD Indonesia

Kompas.com - 19/07/2022, 17:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dosen pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerja sama dengan Monash University memperkuat kompetensi pedagogi guru pendidikan anak usia dini (PAUD). 

Kegiatan yang merupakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) UNJ ini mengusung tema “Developing Early Childhood Teachers' Pedagogical Competences In Implementing Play Pedagogy”.

Kegiatan OKM UNJ ini diketuai Ade Dwi Utami yang merupakan dosen program studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan dan Program Pascasarjana UNJ.

"Guru adalah variabel kunci dalam pendidikan anak usia dini yang berkualitas di mana interaksi antara guru dan anak saat bermain dapat membentuk kualitas pengalaman bermain untuk mendukung perkembangan anak usia dini," ujar Ade Dwi Utami.

Ade Dwi Utami juga menambahkan, melalui pendampingan PkM ini diharapkan para guru PAUD dapat mengembangkan pemahaman dan kemampuan implementasi bermain dalam pembelajaran anak yang dapat mendukung perkembangan anak.

"Pascasarjana UNJ berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi para guru PAUD ini," tegas Ade Dwi Utami.

Prof. Dedi Purwana, Direktur Pascasarjana UNJ mengungkapkan, PKM yang merupakan kewajiban dosen, termasuk dosen pascasarjana, diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

"Termasuk masalah dalam praktek pendidikan sehingga bersinergi dengan pengembangan ilmu pengetahuan," ujar Prof. Dedi Purwana.

PKM Pascasarjana UNJ ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pelatihan dan tahap pembinaan praktik.

Baca juga: Dari Aceh hingga Gorontalo, Mahasiswa UB Lakukan Pengabdian Masyarakat

Kegiatan pelatihan telah dilaksanakan pada 1 Juli 2022 melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan narasumber dari Conseptual PlayLab, Monash University, Monique Parkes.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Prof. Dedi Puwarna, Direktur Pascasarjana UNJ, dihadiri 200 partisipan yang merupakan guru-guru PAUD, dosen, orangtua hingga mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada kegiatan ini, Monique Parkes menyampaikan materi mengenai konsep Playworld yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di Australia.

Kegiatan PkM tahap satu tersebut kemudian dilanjutkan dengan program pembinaan kepada guru-guru lembaga PAUD di wilayah Kepulauan Seribu, yang merupakan wilayah binaan UNJ.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 13–14 Juli 2022 mendapat sambutan besar dari para peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com