Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pijar Foundation-Microsoft Ajak 20.000 Mahasiswa Berdayakan UMKM

Kompas.com - 14/07/2022, 10:47 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pijar Foundation dan Microsoft akan melibatkan 20.000 mahasiswa lintas fakultas di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia untuk untuk meningkatkan kapasitas dalam memberdayakan masyarakat melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Melalui program Microsoft Berpijar “Digitalizing Indonesia through Future Talents” yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat yang bisa dikonversi dan setara hingga 20 SKS di akhir program.

Direktur Future Skills Pijar Foundation, Ageng Sajiwo menyebut bahwa Microsoft Berpijar memiliki misi untuk mempersiapkan pengetahuan dan keterampilan pelajar agar menjadi talenta digital yang menyebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Selain itu, ia berharap talenta digital lokal nantinya dapat berkontribusi langsung terhadap pembangunan di daerah tempat mereka tinggal.

Baca juga: 9 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Tahun 2030, Mahasiswa Harus Tahu

“Microsoft Berpijar mencoba memberikan jawaban berkelanjutan untuk layanan publik yang lebih efisien dan UMKM digital. Pembelajarannya difasilitasi langsung oleh para ahli dan pemain industri guna menganalisis permasalahan nyata di tengah masyarakat,” ucapnya dalam peluncuran Microsoft Berpijar yang dilaksanakan secara virtual, Senin (11/7/2022).

Pengetahuan dan keterampilan yang didapat peserta Microsoft Berpijar diharapkan dapat diaplikasikan bagi penyelesaian masalah pemerintah daerah dan UMKM lokal.

Di kesempatan yang sama, Obert Hoseanto selaku Education Programs & Skills Lead, Microsoft Indonesia mengungkap data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada bulan Maret 2021 bahwa UMKM berkontribusi terhadap 61,07 persen PDB dan mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

Melalui Microsoft Berpijar, pihaknya berharap dapat ikut membangun talenta digital yang dapat mengakselerasi distribusi digitalisasi pada sektor pemerintah daerah dan UMKM lokal di Indonesia.

Baca juga: Kalau Guru Berhenti Belajar, Selesai Sudah Pendidikan Indonesia

"Hal ini tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan para pelaku UMKM serta keluarga mereka, tetapi juga Indonesia. Begitupun dengan digitalisasi di sektor pemerintah daerah, yang akan meningkatkan kualitas layanan publik dan mendorong terwujudnya Indonesia Digital," ujarnya.

Microsoft Berpijar sendiri merupakan bagian dari salah satu program Future Skills yang dinaungi oleh Pijar Foundation.

Future Skills merupakan super-app pengembangan talenta yang menawarkan program perkuliahan gratis, mentorship, magang serta kelas asinkronus dengan orientasi keterampilan yang dibutuhkan di masa mendatang.

Selain itu, Future Skills membangun ekosistem dengan menghubungkan sektor-sektor strategis dari ranah privat, pemerintah, institusi pendidikan, LSM, serta komunitas.

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

Termasuk membangun kolaborasi bersama mitra dari industri guna mempersiapkan kompetensi dan memberi penguatan kemampuan talenta muda di seluruh Indonesia.

Dengan komitmennya, Future Skills berupaya mengoptimalkan kolaborasi gagasan, inovasi, dan kebijakan terbaik dalam rangka menghadapi tren, tantangan, dan peluang masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com