Kompas.com - 14/07/2022, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Pijar Foundation dan Microsoft akan melibatkan 20.000 mahasiswa lintas fakultas di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia untuk untuk meningkatkan kapasitas dalam memberdayakan masyarakat melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Melalui program Microsoft Berpijar “Digitalizing Indonesia through Future Talents” yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat yang bisa dikonversi dan setara hingga 20 SKS di akhir program.

Direktur Future Skills Pijar Foundation, Ageng Sajiwo menyebut bahwa Microsoft Berpijar memiliki misi untuk mempersiapkan pengetahuan dan keterampilan pelajar agar menjadi talenta digital yang menyebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Selain itu, ia berharap talenta digital lokal nantinya dapat berkontribusi langsung terhadap pembangunan di daerah tempat mereka tinggal.

Baca juga: 9 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Tahun 2030, Mahasiswa Harus Tahu

“Microsoft Berpijar mencoba memberikan jawaban berkelanjutan untuk layanan publik yang lebih efisien dan UMKM digital. Pembelajarannya difasilitasi langsung oleh para ahli dan pemain industri guna menganalisis permasalahan nyata di tengah masyarakat,” ucapnya dalam peluncuran Microsoft Berpijar yang dilaksanakan secara virtual, Senin (11/7/2022).

Pengetahuan dan keterampilan yang didapat peserta Microsoft Berpijar diharapkan dapat diaplikasikan bagi penyelesaian masalah pemerintah daerah dan UMKM lokal.

Di kesempatan yang sama, Obert Hoseanto selaku Education Programs & Skills Lead, Microsoft Indonesia mengungkap data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada bulan Maret 2021 bahwa UMKM berkontribusi terhadap 61,07 persen PDB dan mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

Melalui Microsoft Berpijar, pihaknya berharap dapat ikut membangun talenta digital yang dapat mengakselerasi distribusi digitalisasi pada sektor pemerintah daerah dan UMKM lokal di Indonesia.

Baca juga: Kalau Guru Berhenti Belajar, Selesai Sudah Pendidikan Indonesia

"Hal ini tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan para pelaku UMKM serta keluarga mereka, tetapi juga Indonesia. Begitupun dengan digitalisasi di sektor pemerintah daerah, yang akan meningkatkan kualitas layanan publik dan mendorong terwujudnya Indonesia Digital," ujarnya.

Microsoft Berpijar sendiri merupakan bagian dari salah satu program Future Skills yang dinaungi oleh Pijar Foundation.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.