Kompas.com - 06/07/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Kalau guru berhenti belajar, guru berhenti berkreasi, maka selesai sudah pendidikan di Indonesia.

Sepenggal pepatah sederhana penuh makna dipaparkan Direktur Dasar Tanoto Foundation, Ari Widowati di depan para guru dan Kepala Sekolah binaan Program PINTAR Penggerak di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau.

Pasalnya, semangat guru untuk terus belajar, didapati mampu mencegah terjadinya learning loss atau kehilangan pembelajaran akibat pandemi Covid-19.

Bahkan, semangat guru untuk berinovasi, mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Belinda Tanoto, selaku Dewan Pembina Tanoto Foundation menjelaskan bahwa 76 persen guru mitra program PINTAR sudah berinovasi untuk menerapkan pembelajaran aktif, naik dari 42 persen pada tahun 2018.

Baca juga: Wujudkan Pembelajaran Aktif Berfokus pada Murid, Tanoto Foundation Latih 960 Guru

Berdasar evaluasi dari dampak pelatihan guru di program PINTAR tersebut, pencapaian siswa di sekolah mitra cenderung stabil, meskipun dua tahun tidak bertatap muka.

Itulah mengapa, peningkatan kualitas tenaga pendidik atau guru, dinilai Belinda merupakan jalan efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Ini bisa tercapai karena kontribusi dan dedikasi para pendidik,” ucapnya dalam sambutan acara Tanoto Facilitator Gathering (TFG), yang berlangsung secara hybrid, Senin-Selasa (4-5//2022).

Mengintip ragam praktik baik guru-guru Indonesia

Sejak tahun 2021, Tanoto Foundation berkolaborasi dengan Kemendikbud Risek melalui melalui Program PINTAR Penggerak telah hadir di 4 kabupaten mitra.

Yakni Kabupaten Kampar (Riau), Kabupaten Muaro Jambi (Jambi), Kabupaten Tegal (Jawa Tengah) dan Kabupaten Kutai Barat (Kalimantan Timur) untuk melatih dan mendampingi kepala sekolah, guru dan orangtua di 263 SD dan SMP.

Baca juga: Guru Penggerak: Tugas Guru Menuntun Murid, Bukan Menuntut Nilai Tinggi

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.