Kompas.com - 03/07/2022, 21:18 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai upaya membangkitkan dunia maritim Indonesia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) terus mempersiapkan SDM lusan sekolah pelaut yang unggul.

Untuk ini, lulusan dari Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta harus mampu bersaing dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Baca juga: Calon Doktor Muda UB, Syahputra Lulus dengan IPK 4,00 di Usia 26 Tahun

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala BPSDMP, Djoko Sasono saat melantik 61 Pelaut Ahli Nautika Tingkat I dan Ahli Teknika Tingkat I dalam upacara Pelantikan Perwira Transportasi ke-60.

Menurutnya dalam upaya membangkitkan dunia maritim Indonesia dan berhadapan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), SDM Pelaut harus mampu bersaing dan memiliki keunggulan baik attidue, knowledge dan skill.

"Bon Voyage ini bukanlah perjuangan yang mudah dan pada era mendatang tantangan yang akan dihadapi semakin berat, oleh karena itu kita semua harus selalu produktif dan aktif dalam meningkatkan kemampuan diri sebagai pelaut profesional yang mampu bersaing secara global khususnya dalam menghadapi MEA,” kata Djoko dalam keterangannya, Sabtu (2/7/2022).

Dia menambahkan tugas dan tanggung jawab pelaut penuh resiko dan tantangan dalam menghadapi ketidakpastian kondisi alam serta meninggalkan keluarga, terlebih lagi dengan kondisi pandemi yang saat ini masih terjadi.

Djoko juga menekankan kembali pada para pelaut agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada, khususnya di pelabuhan-pelabuhan yang disinggahi dimana terdapat resiko penularan Covid-19 yang cukup tinggi.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Bon Voyage, manfaatkanlah dengan baik bekal dan pengalaman yang telah anda dapatkan selama mengikuti pendidikan di BP3IP Jakarta," ucapnya.

Baca juga: Kisah Sahabat 1 SMA yang Lolos Kuliah di Undip Lewat SBMPTN 2022

Direktur BP3IP Jakarta, Ahmad menjelaskan bahwa pelantikan perwira transportasi laut kali ini mengusung tema "The Bon Voyage of Marine Officer Class I Your Voyage Then and Now Share Your Journey".

Tema tersebut dipilih dalam rangka memperingati hari pelaut sedunia dan untuk mengapresiasi serta memberi penghormatan kepada para pelaut yang menjadi bagian distribusi global, dimana pelaut memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian sebuah negara.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.