Kompas.com - 02/07/2022, 10:51 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap orang pasti ingin selalu sehat. Untuk itulah penting sekali menjaga kesehatan tubuh yang dimulai sejak dini.

Salah satunya ialah mengetahui kolesterol dalam tubuh agar terjaga dengan baik. Jangan sampai kolesterol menjadi tinggi dan nantinya bisa sakit.

Menurut Suyatno Hadi Saputro selaku Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), gejala kolesterol yang tinggi bisa dilihat dari kaki.

Baca juga: Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dari Ners Unair

Kolesterol yang tinggi berdampak buruk bagi tubuh dan bisa terjadi pada orang tua hingga usia remaja.

Sebenarnya, dalam keadaan normal, kolesterol diperlukan oleh tubuh supaya tubuh bisa berfungsi secara normal.

Kolesterol digunakan di seluruh tubuh untuk berbagai fungsi penting, salah satunya membantu pencernaan lemak makanan.

"Kolesterol dibawa ke seluruh tubuh sebagai ester kolesterol yang dikemas dengan lemak dan protein," ujarnya dikutip dari laman UM Surabaya, Kamis (16/6/2022).

Dikatakan, usus mengumpulkan kolesterol makanan menjadi partikel yang disebut kilomikron yang diangkut melalui darah dan akhirnya diambil oleh hati.

Kemudian, hati mengemas makanan dan kolesterol menjadi Lipoprotein Densitas Rendah (LDL). Kadar LDL kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung mendadak, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Tanda Kolesterol Tinggi, Info Fakultas Keperawatan Unair

Sebagian besar penyebab kolesterol tinggi atau hiperkolesterol adalah berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat. Faktor gaya hidup yang paling sering menjadi penyebab kolesterol tinggi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.