Kompas.com - 02/07/2022, 09:16 WIB
|

KOMPAS.com - Tubuh manusia butuh asupan makanan yang begizi. Salah satunya dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Tentu setiap orang juga suka dengan buah.

Terkait buah, ternyata setiap 1 Juli diperingati sebagai Hari Buah Sedunia. Dalam rangka memperingati Hari Buah Sedunia, Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Bincang-bincang Raisa Radio pada Kamis, (30/6/2022).

Menurut Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi., RD., dari Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar buah dan sayur dapat bertahan lama dan kandungan gizinya tetap terjaga.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Penyebab dan Pertolongan Pertama Epilepsi

Pilah buah dan sayur

Caranya yakni dapat dimulai dengan memilih buah dan sayur dengan kualitas yang baik, yaitu harus utuh, minim goresan, dan kematangan yang pas.

Setelah itu, penyimpanan buah dan sayur secara umum harus memperhatikan suhu, menjaga kelembapan dan sirkulasi udaranya. Buah dan sayur dapat disimpan di kulkas dengan suhu rendah (kurang dari tiga derajat celcius).

"Hal ini memberikan aktivitas minimal untuk enzim perusak atau yang membuat buah dan sayur membusuk lebih cepat," ujarnya dikutip dari laman UGM, Jumat (1/7/2022).

Namun, ada beberapa buah seperti pisang yang jangan dimasukkan dalam kulkas karena justru akan mempercepat proses pencoklatan dan akan menjadi kurang baik.

Selain itu, pisang juga mempercepat proses pembusukan bahan makanan lain sehingga penyimpanannya sebaiknya dipisah dengan bahan masakan lain karena pisang mempunyai gas etilen.

Selain itu, beberapa buah mengandung zat-zat penting dalam kulit buah, salah satunya zat antosianin untuk antioksidan dan anti inflamasi.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Cara Mengatasi Mata Silinder dan Penyebabnya

Buah yang mengandung zat ini contohnya adalah buah apel, anggur, stroberi, pir, dan sebagainya sehingga untuk memperoleh manfaatnya, kita dapat mengonsumsinya dengan kulit buah sekaligus.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.